Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Health Sciences Journal?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

Pedoman umum naskah teks adalah sebagai berikut:

 

1.    Naskah merupakan artikel ilmiah yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbitan lainnya;

2.   Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme;

3.   Naskah yang telah ditulis di bawah pedoman Penerbitan Artikel Ilmiah Mahasiswa (dalam format MS Word)

4.    Pedoman  penulisan  artikel  naskah  dan  template  dapat  di download. Template dan pedoman penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc) dan PDF (.pdf);

5.    Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan, akan dikembalikan ke penulis sebelum proses lebih lanjut;

6.    Naskah berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa gelar akademik), (c) afiliasi penulis, (d) email penulis korespondensi (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode penelitian (h), temuan penelitian dan pembahasan (i), kesimpulan (j), referensi.

7.    Sub judul termasuk dalam bagian diskusi (Pendahuluan, Ulasan Teori, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan) harus diberi nomor dalam urutan penomoran abjad. Sub judul ditulis dalam format tebal (bold).

8.    Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan standar bahasa baku. Naskah terdiri dari sepuluh

(10) sampai dua puluh (20) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah teks harus ditulis dalam format template. Artikel ini ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin custom sebagai berikut: kiri 25 mm, atas 20 mm, bawah 20 mm dan atas 30 mm.

9.    Teks artikel dalam format Time New Roman, ukuran font 12pt, 1,5 line-spacing, dipisahkan menjadi dua kolom (kecuali untuk judul utama, nama penulis, dan abstrak) dengan ukuran 10 mm.

10. Kata-kata dari bahasa asing ditulis dalam format miring atau italic.

11. Pada tabel dan gambar, tuliskan referensinya di bagian bawah tabel atau gambar. Setiap gambar harus diberi keterangan beserta sumber. Setiap tabel harus diberi judul tabel. Lampiran gambar dibuat agar dapat dicetak dengan kualitas baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis yang jelas terlihat). Tabel tidak memakai garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya diperbolehkan untuk bagian yang penting.


Pedoman Isi Tulisan

 

Judul naskah: Judul harus informatif dan ditulis baik secara singkat dan jelas. Tidak mengandung multi-interpretasi. Judul artikel tidak

 

 

mengandung singkatan. Ide-ide utama harus tertulis dan diikuti dengan penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam enam belas kata, huruf berukuran 12pt. Sementara itu, abstrak harus ditulis antara

200 sampai dengan 300 kata dan diikuti oleh dengan tiga sampai lima kata kunci.

Pendahuluan: Pendahuluan harus berisi latar belakang umum dan literature review sebagai dasar dari pertanyaan penelitian, masalah utama penelitian, dan hipotesis (jika ada). Pada bagian akhir dari pendahuluan, tujuan dari penulisan artikel harus dinyatakan.

Metode Penelitian: Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analitik. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan dalam bagian ini.

Diskusi dan Hasil: Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan pembahasannya. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut harus didukung oleh data yang cukup. Hasil penelitian dan penemuan harus dijawab atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.

Kesimpulan: ini adalah bagian akhir yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan akan menjadi jawaban dari hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan seharusnya tidak hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi, namun menjadi ringkasan hasil penelitian oleh penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Saran mengandung rekomendasi terkait dengan ide-ide lebih lanjut dari penelitian.

Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus tercantum dalam bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber-sumber primer (jurnal ilmiah dan jumlah paling sedikit adalah 50% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki referensi setidaknya lima artikel dari jurnal ilmiah. Disarankan mengutip artikel ilmiah mahasiswa maupun dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo, yang memiliki topik serupa.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Penulis tidak dikenakan biaya untuk penerbitan artikel dalam jurnal ini.

 

Article Publication: 0.00 (IDR)

Artikel yang dipublikasikan tidak dikenakan biaya.

 

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.