EFEKTIFITAS TEHNIK BREAST CARE TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM DENGAN SEKSIO SESAREA

Rina Setyaningsih, Hery Ernawati, Yayuk Dwi Rahayu

Abstract


Penyebab ketidak lancaran pengeluaran ASI diantaranya  adalah berkuranganya produksi ASI di hari pertama paska melahirkan  disebabkan menurunnya  rangsangan hormon oksitosin dan prolactin yang berperan dalam kelancaran produksi Air Susu Ibu, untuk mengeluarkan air Susu Ibu  dibutuhkan upaya nonfarmakologis berupa Breast care.Tujuan peneliti ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas tehnik  Breast care terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu post partum dengan seksio sesarea di Ruang Fatimah Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun. Penelitian ini menggunakan desain one group pre test post test design. Populasi penelitian ini berjumlah 66 ibu post partum. Sampelnya berjumlah 17 ibu post partum  dengan teknik purposife sampling. Variabel independent yaitu Breast care variabel dependent yaitu kelancaran produksi produksi ASI pada ibu post partum dengan sectio sesarea.Instrumen pengumpulan data dengan lembar observsi dan kuesioner. Pengolahan data menggunakan tehnik Editing, Coding, Scoring, Tabulating dan uji statistiknya yang digunakan adalah uji statistik Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian ini didapatkan dari 17 responden, sebelum dilakukan Breast care sebagian besar responden pengeluaran ASI nya lancar sejumlah 6 ibu (35%), tidak lancar sejumlah 11 ibu (65%), sesudah dilakukan Breast care sebagian besar responden pengeluaran ASI nya lancar sejumlah 17 ibu (100%). Uji statistik wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p = o,ooo < a (0,05) sehingga H1 diterima, ini berarti ada pengaruh breast care terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu post partum di Ruang Fatimah Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun.Pada penelitian ini ada perbedaan antara kelancaran produksi ASI pada ibu post partum sebelum dan setelah dilakukan breast care

References


Astutik, Reni Yuli. (2014). Payudara dan Laktasi. Jakarta: Salemba Medika Bobak IM, Lowdermilk DL,

Jensen MD. (1995). Buku Ajar Keperawatan Maternitas (Maternity Nursing) Edisi 4, Maria A Wijayarti dan Peter Anugerah (penterjemah). (2005). Jakarta: EGC

Bahiyatun. 2009. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: ECG.

Biancuzzo, M. (2000). Breastfeeding the newborn clinical strategies for nurses (1st Ed.). St. Louis, Missouri: Mosby Inc.

Budiarti, T. (2009). Efektifitas pemberian paket sukses ASI terhadap produksi ASI ibu menyusui dengan seksio sesarea di wilayah Depok Jawa.

Depkes R.I.. (2013). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Eny dkk. 2009. Asuhan Kebidanan Nifas. Jogjakarta: Mitra Cendika.

Hamilton, Persis Mry. (1995). Dasar-dasar Keperawatan Maternitas, Jakarta : EGC.

Huliana, M. 2003. Perawatan Ibu Pasca Melahirkan. Jakarta : Puspa Swara.

Hullyana. 2007. Produksi ASI dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Diakses : Madiun. 21 Februari 2020. Jam 15.00 pm http://www.dinkesjateng. org/profil2005/ bab5.htm.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Reni Astutik. 2014. Payudara dan Laktasi. Jakarta: Salemba Medika.

Riksani, Ria. (2012). Keajaiban Asi (Air Susu Ibu). Jakarta: Dunia Sehat.

Roesli, U. (2009). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta : PT. Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Rowe, Murray, H. & Fisher. (2002). Baby friendly hos- pital practices cesarean section is a persistent bar- rier to early initiation of breastfeeding. Birth, 29, 124-130.

Rustam, R. (2009). Sinopsis Obstetri. Jakarta : EGC Fitramaya.

Saryono & Pramitasari. 2009. Perawatan Payudara Dilengkapi dengan Deteksi Dini Terhadap Penyakit Payudara. Jogjakarta: Mitra Cendekia Press.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Sagungseto.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Budiati. (2010). Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 13, No 2, Juli 2010; hal 59-66 (http://media.neliti.com, diakses tanggal 1 September 2019).

UNICEF. (2007). Breastfeeding the remarkable first hour of life. Diperolehdari www.unicef.go.id.

Wiknjosastro, 2007. Ilmu Kebidanan: YBP-SP.

Wong, D.L., Perry, S.E., & Hockenberry, M.J. (2002). Maternal child nursing care. (2th Ed). St. Louis: Mosby


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/hsj.v4i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.