ETNOMATEMATIKA TRADISI ENDHOG-ENDHOGAN DI DESA MACANPUTIH KECAMATAN KABAT BANYUWANGI

Siti Roudhotul Jannah, Barep Yohanes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan etnomatematika yang ada pada tradisi endhog-endhogan  Desa Macanputih, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi. Objek dalam penelitian ini adalah tradisi endhog-endhogan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif deskriptif untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan etnomatematika yang ada pada tradisi endhog-endhogan yang terdapat di Desa Macanputih, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diberikan kesimpulan data bahwa konsep-konsep matematika yang dapat ditemukan dari tradisi Endhog-Endhogan di Desa Macanputih Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi pada prosesi geridhoan diantaranya konsep modulo 12 pada bulan pelaksanaan tradisi endhog-endhogan; konsep garis pada lidi; konsep persegi panjang pada bentuk gedheg; konsep refleksi, translasi dan rotasi pada motif gedheg; konsep kekongruenan pada pola gedheg; konsep relasi pada prosesi tradisi geridhoan; dan konsep himpunan pada kumpulan orang yang terlibat dalam tradisi geridhoan. Pada prosesi selametan terdapat beberapa konsep, diantaranya konsep membilang pada saat membilang banyaknya jodhang; konsep persegi panjang pada daun pisang; konsep membilang pada saat membilang banyak daun pisang; konsep persegi pada tempat ancak; konsep relasi pada saat pulang membawa ancak; dan konsep himpunan pada orang yang terlibat dalam tradisi geridhoan. Pada prosesi karnaval endhog-endhogan terdapat beberapa konsep, diantaranya konsep membilang pada saat membilang banyaknya miniatur yang ditampilkan, membilang banyaknya kembang endhog; dan konsep segitiga siku-siku pada bagian jodhang yang paling bawah atau kaki jodhang.


Keywords


endhog-endhogan, tradisi, entomatematika

References


Cahyani, I. A., Setiawan, T. B., & Yudianto, E. (2018). Kekongruenan Dan Kesebangunan Pada Perangkat Upacara Adat Kebo-Keboan Alasmalang.©Kadikma, Vol. 9, No. 3, hal. 139-147, 2018 , 139-147.

Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra . Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 3 No. 2 Bulan Desember Tahun 2017, 93-102

Hidayati, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Care Vol. 03, No. 2, hal 51-64.

Jainuddin, & Silalong, E. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Ukiran Toraja. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 9 No. 2, hal 31-47.

Janah, A. F., Wiyanto, & Hartono. (2018). Penerapan Peta Konsep IPA Terpadu untuk Mengukur Minds-On and Hands-On Activity Siswa Sekolah Menengah Pertama. Unnes Physics Education Journal, Vol 7. No. 2, hal 9-21.

Mulyadi, M., Nursuprianah, I., & Raharjo, H. (2021). Penerapan Aritmatika Modulo Pada Transposisi Akord Berbasis Web. Journal homepage: www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/njmms Volume 1, Nomor1, 2021. Hal. 29 – 47.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada Sumur Purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol.5, No. 2, hal 201-210.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Pendidikan Dasar Vol. IV No. 1, hal 21-31.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. media dan komunikasi, Vol. 1, No. 2, hal 83-90.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.