ANALISIS PENERAPAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Zullinar Rifcha Wahyu Widiana, Julan Hernadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis teknik brainstorming terhadap peningkatan keberanian berpendapat siswa. (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa melalui teknik brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Ponorogo yang terdiri dari sepuluh kelas dan diambil kelas VIII F sebagai sampel. Pemilihan sampel ini dipertimbangkan dari segi kognitif baik, tetapi keberanian berpendapatnya masih rendah. Teknik analisis data untuk mengetahui ketercapaian teknik brainstorming ditinjau dari hasil observasi guru, observasi siswa dan pemahaman siswa. Sedangkan untuk menganalisis peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek sikap berdasarkan kuesioner dan indikator berdasarkan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian teknik brainstorming mencapai kriteria baik sekali, yaitu 82,63%. Hal ini menunjukkan bahwa keberanian siswa berpendapat juga meningkat. Selain itu, teknik brainstorming juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa berdasarkan aspek sikap dan indikator yang ada. Aspek sikap kemampuan berpikir kreatif yang meningkat adalah kebebasan berpendapat, sikap imajinatif, rasa ingin tahu dan sikap mengajukan pertanyaan yang relevan, sedangkan aspek lainnya belum ada peningkatan. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang meningkatkan adalah orisinalitas gagasan, kelancaran dan elaborasi, sedangkan indikator lainnya belum ada peningkatan. Aspek sikap kemampuan berpikir kritis yang meningkat adalah kejelasan, relevan, logis, dan detail/lengkap, sedangkan aspek  lainnya belum ada peningkatan. Indikator kemampuan berpikir kritis yang meningkatkan adalah mengidentifikasi data relevan dan tidak relevan suatu permasalahan, mengidentifikasi asumsi dan menyusun penyelesaian permasalahan disertai alasan, sedangkan indikator lainnya belum ada peningkatan.


Keywords


Teknik Brainstorming, Berpikir kreatif, Berpikir kritis, Keberanian siswa berpendapat.

References


Byron, K. (2012). Creative Reflections on Brainstorming. London Review of Education, 10, 201-213.

Davis, dkk. (2011). Education of The Gifted And Talented (Edisi Revisi). United States of America: Pearson Education, Inc.

Fifi Wulandari. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. Skripsi. Aceh: Universitas Negeri Ar-raniry Darussalam-Banda Aceh.

Hasanah, M. & Surya E. (2017). Differences in the Abilities of Creative Thinking and Problem Solving of Students in Mathematics by Using Cooperative Learning and Learning of Problem Solving. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34 (1), 286-299.

La Moma. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 04 (1), 27-41.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Sari, D.N. & Nurchasanah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis yang Tecermin dalam Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Unpublished Bachelor Thesis: 4.

Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. (Pdf): 4, http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2016/05/Pedoman-Pemberian-Skor-Tes-Kemampuan-Berpikir-Matematik-dan-MPP-2016-1.pdf. Diunduh pada tanggal 10 Februari 2018.

Utari, R. (2011). Taksonomi Bloom: Apa dan Bagaimana Menggunakannya?. Widyaiswara Madya: Pusdiklat KNPK.

Wike Sulistiarmi. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI-IPA pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri Se-Kota Pati. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Zayan Hafiyyan. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas VII Semester Genap. Skripsi. Surakarta:


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v2i2.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.