ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB

Daimaturrohmatin Daimaturrohmatin, Intan Sari Rufiana
DOI: 10.24269/ed.v3i1.232

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar Kolb. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jetis. Subjek penelitian berjumlah 38 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Dari 38 subjek penelitian dipilih 2 subjek pada masing-masing kelompok tipe gaya belajar Kolb. Pengambilan 2 subjek pada setiap gaya belajar dimaksudkan untuk memperkuat hasil penelitian dan membandingkan antara subjek satu dengan yang lainnya. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket, tes uraian, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengelompokkan subjek menjadi 4 kelompok tipe gaya belajar, tes uraian digunakan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara digunakan untuk memperkuat hasil jawaban tes uraian subjek. Selanjutnya, model interaktif digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis yang dikuasai oleh masing-masing tipe gaya belajar berbeda. Siswa dengan tipe gaya belajar konverger lebih dominan menguasai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis yang telah ditentukan. Sedangkan tiga tipe gaya belajar yang lain dominan dalam menguasai satu atau dua indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu (i) kemampuan menyatakan permasalahan dalam model atau simbol matematika dominan dikuasai oleh siswa dengan tipe gaya belajar diverger dan assimilator, (ii) kemampuan menjelaskan ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kaidah matematika yang berlaku dominan dikuasai oleh siswa dengan tipe gaya belajar asimilator dan akomodator, sedangkan (iii) kemampuan dalam menyimpulkan hasil penyelesaian secara jelas dominan dikuasai dengan baik oleh siswa dengan tipe gaya belajar akomodator.


Keywords


Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Kolb

References


Ansari, B. I. 2016. Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.

Dewi, R. R. 2016. Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Berbagai Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Gooden, D. J., Preziosi, R. C., & Barnes, F.B. 2009. An Examination Of Kolb’s Learning Style Inventory. American Journal of Business Education, 2(3): 57-62.

Kolb, D.A. 1984. Experential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. VA: NCTM.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Pratiwi, A., dkk. 2011. Konstruksi Tes Gaya Belajar Berdasarkan Teori Belajar Eksperiensial David A. Kolb. Jurnal Interaktif FISIP UB, 1(1): 1-14.

Ramellan, P., Musdi, E., & Armiati. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 77-82.

Rufiana, I. S. 2013. Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Ditinjau dari Preferensi Sensori. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1): 27-32.

Sari, Ika Puspita. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2): 527-533.

Tandiayuk, Marinus B. 2012. Implementasi Gaya Belajar Model Kolb dalam Lc5e untuk Memaksimalkan Pembelajaran Luas Segitiga Heron di Kelas VIII A SMPN 19 Palu. Jurnal DIKDAS, 1(1): tanpa halaman.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.