ANALISIS STRATEGI POLITIK CALON KEPALA DESA INCUMBENT DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA BALONG TAHUN 2019

Dimas Ivan Anggara, Sulton Sulton, Ambiro Puji Asmaroini
DOI: 10.24269/ed.v3i2.294

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan memahami strategi politik yang dilakukan calon kepala desa incumbent, (2) mengetahui dan memahami modalitas politik calon kepala desa incumbent dalam melaksanakan strategi politik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mempunyai sifat deksriptif dan menemukan sebuah makna dari suatu persoalan atau permasalahan yang diperoleh dari suatu penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi ke lapangan untuk melihat langsung aktivitas yang dilakukan oleh calon kepala desa incumbent dan tim suksesnya dalam persiapan menghadapi pilkades. Wawancara kepada calon kepala desa incumbent dan tim suksesnya dan dokumentasi penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan mereduksi data yang diperoleh ketika penelitian, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah strategi politik yang dilakukan oleh calon kepala desa incumbent dan tim suksesnya berupa strategi media massa dengan memanfaatkan handphone dan pamflet untuk kampanye. Strategi produksi pesan berupa penyampaian program-program kerja melalui kegiatan di masyarakat, dan strategi publik dengan mempengaruhi masyarakat yang menolak dan mempertahankan masyarakat yang mendukung. Modalitas politik yang dimiliki oleh calon kepala desa incumbent dan tim suksesnya ialah modal politik berupa dukungan dari tokoh dan kelompok masyarakat, modal sosial berupa kepercayaan dari tokoh dan kelompok masyarakat, dan juga modal ekonomi berupa uang untuk kampanye dan biaya akomodasi tim sukses.


Keywords


Strategi politik, modalitas politik, kepala desa, incumbent, Pilkades

References


Bisri, Muhammad Hasan. 19 November 2015. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli diakses melalui http://blog.unnes.ac.id/hasanipol/2015/11/19/pengertian-demokrasi-menurut-para-ahli/

Chaca, Tata. 7 Juli 2018. 9 Pengertian Pemilu Menurut Para Ahli dan Secara Umum serta UU diakses melalui http://www.silontong.com/2018/07/07/pengertian-pemilu/#

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marijan, K. (2010). Sistem Politik Indonesia Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pembukaan UUD 1945

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, D. E. (2018). Komunikasi Politik Calon Walikota Petahana Dr. H. Firdaus, ST, MT Dalam Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Walikota Pekanbaru 2017-2022. JOM FISIP , 1-15.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.