IMPLEMENTASI PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS KELOMPOK B BA ‘AISYIYAH MANGKUJAYAN PONOROGO

Diyah Septian Nur Anggraeni, Bambang Harmanto, Ida Yeni Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui cara mengimplementasikan kosa kata bahasa Inggris, (2) mengetahui hambatan yang dihadapi dalam mengenalkan kosa kata bahasa Inggris, (3) mengetahui solusi dalam mengenalkan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitain deskriptif kualitatif dengan mengambil data seluruh anak kelas B2 BA ‘Aisyiyah Mangkujayan Ponorogo. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa BA ‘Aisyiyah Mangkuajayan Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kosa kata bahasa Inggris dilakukan dengan metode tanya jawab dan menggunakan gambar. Kosa kata yang dikenalkan yaitu 6-7 kosa kata bahasa Inggris. Implementasi pengenalan kosa kata bahasa Inggris hanya dikenalkan pada kelompok B dan dilaksanakan pada semester dua diminggu pertama. Pengenalan kosa kata bahasa Inggris dilakukan satu minggu sekali sesuai dengan tema yang ditentukan. Penulis berharap pada pembelajaran selanjutnya guru pendamping akan memperhatikan pronansiasi dan intonasi saat mengenalkan kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini. Setelah penelitian ini selesai diharapkan media gambar digunakan secara maksimal dalam pengenalan kosa kata bahasa Inggris.

Keywords


Implementasi, kosa kata, bahasa Inggris

References


Andini dkk, 2017. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal Penelitian, No. 2 Vol. 4

Atsuko, Ikeghasira. 2009. English Education In Japan. Jurnal Penelitian

Djamal, M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka

Faqihatuddiniyah. 2017. Persepsi Orang Tua Dan GuruMengenai Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. 2 Vol. 6

Harmanto, Bambang. 2018. Inspiring Clasroom Presentation. Ponorogo : Unmuh Ponorogo Press

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Perkembangan Bahasa Pada Anak.

Rachmani, A. 2016. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama, Jurnal Penelitian, No. 1 Vol 3

Rahmat, Aceng. 2010. Implementasi Kurikulum Bahasa Asing Di Taman Kanak-kanak (TK) DKI Jakarta. Kajian Linguistik dan Sastra, No. 1 Vol 22

Santrock, John W. 2007. Child Development, Eleventh Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc

Siregar, Alfitriani. 2018. Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini.

Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

ga.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v3i2.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.