HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON YOUTUBE DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Masrinda Mar'atul Janah, Muhibuddin Fadhli, Dian Kristiana
DOI: 10.24269/ed.v3i2.304

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonon youtube dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, data berupa yang digunakan berupa skor yang diambil menggunakan skala intensitas menonton youtube dan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini melibatkan orang tua anak sebagai responden dengan populasi sebesar 80 anak dan 46 sample. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman Rho dengan bantuan aplikasi SPPSS versi 24 for Windows.. Analisis korelasi Spearman Rho menghasilkan (r) sebesar  0,665 dengan nilai (p) taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas menonton youtube dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hα diterima dan H0 ditolak yang berarti ada hubungan positif antara intensitas menonton youtube dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Darma Wanita Tempuran.


Keywords


Intensitas menonton youtube, sosial emosional, anak usia dini

References


Al-Ayouby. 2017. Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung : Bandar Lampng.

Aryatama Michael dan Pradekso Tandiyo. 2017. Pengaruh Intensitas Menonton Channel Youtube Reza Oktovian dan Pengawasan Orang Tua terhadapPerilaku Agresif yang dilakukan Remaja Sekolah Menengah Pertama. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Semarang.

Eka Karunia dan Ridwan Mohammad. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama : Bandung.

Indrajati Herdina, dkk. 2016. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Grup : Jakarta.

Peraturan Mentri Pendidikan dan budaya Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini.

Triastutik Yeni. 2018. Hubungan Bermain Gadget dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. Naskah Publikasi Skripsi Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan. Sekolah Tinggi Keperawatan Insan Cendikia Medika : Jombang.

Ugiana Prana dan Rosmaini Elly. 2016. Belajar Olah Data dengan SPSS, Mini Tab, R, Microsoft Exel, Eviews, Lisrel, Amos, dan Smartpls (desertai beberapa contoh perhitungan manual). USU Press : Medan. Indonesia.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.