PENERAPAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII F SMP N 2 KAUMAN

Elma Pebriana, Dwi Avita Nur Hidayah
DOI: 10.24269/ed.v3i2.306

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan media geogebra yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman, (2) mengetahui peningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman dengan media geogebra.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa. Penerapan media geogebra dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian menerapkan langkah 5M yang selanjutnya siswa mempraktikkan media geogebra saat mengumpulkan informasi. Dari hasil analisis data tes tiap indikator berada pada kategori tinggi dengan persentase . Hasil analisis data observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa 81,01% mengalami peningkatan menjadi 88,22%. Sedangkan untuk persentase keterlaksanaan pembelajaran guru pada siklus I sebesar 98,14% menjadi 100%. Dengan demikian penerapan media geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman

Keywords


Pemahaman Konsep, Media Geogebra

References


Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas

Fitrisari, P. 2017. Penerapan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. (Online), (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/download/1441/1152), diakses pada 24 Januari 2019

Hohenwerter, M. & Hohenwerter, J. 2008. Introduction to Geogebra version 4.4. (Online), (https://static.geogebra.org/book/intro-en.pdf), diakses 24 November 2018

Jihad, H. & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kusumah, W. & Dwitagama, D. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Pri Media.

Mona, Z., dkk,. 2012. Meningkatkan Kemampuan Konsep Siswa Kelas VIII SMP N 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. 1(1). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/student/index.php/pmat/article/download/1170/862), diakses 5 Februari 2019

Simanjuntak, Y.L., Hartoyo, A. & Yani, A. 2013. Pengaruh Penggunaan Software Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas XI SMA. Jurnal Penidikan dan Pembelajaran. 5(3). (Online),(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/5559/5724), diakses pada 22 Maret 2019

Syahbana, A. 2016. Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.