ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Firsa Damayanti, Intan Sari Rufiana
DOI: 10.24269/ed.v4i2.555

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran matematika terkait materi bangun ruang apabila kita lihat dari motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menerjemahkan data dengan kata-kata berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah sebagian siswa kelas 6 SD yang bertempat tinggal di salah satu desa di Kabupaten Ponorogo. Pengumpulan data dari pemberian angket motivasi belajar, tes pemahaman konsep dan wawancara terhadap subjek serta dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang dengan motivasi belajar siswa. siswa yang memiliki tingkat motivasi rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah. Siswa dengan tingkat motivasi belajar sedang, kemampuan pemahaman matematika yang dimiliki lebih tinggi daripada siswa dengan motivasi rendah. Siswa dengan tingkat motivasi yang tinggi maka kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki semakin tinggi pula.


Keywords


Pemahaman konsep, motivasi belajar, bangun ruang.

References


Apriadi, D & Setyansah, R. 2017. Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. 6(2): 159-167.

Dimyati & Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidika. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Bandung:

Rosdakarya.

Purwa, A. P. 2012. Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru. Ar-ruzz Media: Yogyakarta.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. PT Remaja Bandung: Rosdakarya.

Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Setia N, L. 2013. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XII SMA Al Islam 3 Surakarta. Disertasi tidak diterbitkan, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar, E & Nara, H. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sukmadinata, N. S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Suryabrata, S. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

W, Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grasindo.

Wahyuddin. 2017 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ekonomi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis Pada Mahasiswa. Jurnal AdMathEdu. 7(1): 211-230.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.