Meta Analisis Model Role Playing atau Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar

Cindy Masnarati, Elvira Hoesein Radia
DOI: 10.24269/ed.v5i1.688

Abstract


Abstrak : Model Role Playing atau bermain peran adalah permainan gerak yang didalamnya terdapat tujuan dan aturan bermain. Tujuan penelitian untuk menganilisis kembali model Role Playing atau bermain peran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meta analisis. Peneliti mengawali dengan merumuskan masalah penelitian dan mencari hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan mencari melalui jurnal elektronik seperti google scholar dengan kata kunci “hasil belajar”, “Role Playing”, “ Pembelajaran IPS SD ” dari penelusuran diperoleh 30 artikel dan diambil yang relevan 10 artikel dari jurnal. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis peneliti model bermain peran mampu meningkatkan hasil belajar IPS dari yang terendah 12,44% hingga yang tertinggi 58,40% dengan hasil rata-rata 27,03%. Dari perhitungan effect size skor yang didapat yaitu 2,65 masuk dengan kategori besar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS SD

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.