Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring pada Anak Usia Dini di Ra ‘Aisyiyah Karangan Balong

Listiani Puspitasari, Dian Kristiana, Betty Yulia Wulansari

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan belajar mengajar secara daring pada anak usia dini di RA ‘Aisyiyah Karangan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian guru dan orang tua di RA Aisyiyah Karangan Balong yang berjumlah 2 guru dan 2 orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru di RA Aisyiyah Karangan Balong terlaksana dengan baik. Guru menjalankan perannya sebagai pemimpin, fasilitator, moderator, evaluator, dan motivator belajar.


Keywords


Peran Guru; Pembelajaran Daring; Anak Usia Dini

References


Botung, Hasibuan. (2009). Peran Dan Tanggungjawab Guru. (Online), http://hshasibuanbotung.blogspot.com/2009/06/peran-dan-tanggungjawab-guru.html, Diakses 21 Januari 2021.

Hasanah, Nove. (2016). Peran Guru Sebagai Pemimpin (Teacher's Leadership). (Online), http://novehasanah.blogspot.com/2016/02/peran-guru-sebagai-pemimpin-leadership.html, Diakses 21 Januari 2021.

Noviana, Nur Anisa. (2015). Peran Guru Dalam Kegiatan Belajar- Mengajar. (Online), https://ilmu-pendidikan.net/profesi-kependidikan/guru/peran-guru-dalam-kegiatan-belajar-mengajar. Diakses 21 Januari 2021.

Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.