PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SEVENTOOLS SEBAGAI ALAT UNTUK MENGURANGI PRODUK CACAT PADA PERUSAHAAN TANTEKA SABLON PONOROGO.

MOHAMAD SAIFUL ARIFIN, SETYO ADJIE, EDI SANTOSO

Abstract


Seven tools adalah alat-alat yang dapat digunakan oleh organisasi untuk melakukan pengendalian kualitas. Alat-alat itu meliputi: Cheek sheet, Flow chart, Histogram, scatter diagram, Peta kendali, Diagram pareto, dan Diagram sebab akibat. Alat-alat ini cukup efektif digunakan untuk melakukan pengendalian kualitas. Obyek pada penelitian ini adalah cetak sablon kaos pada Perusahaan Tanteka Sablon Ponorogo. Dengan melakukan analisa peta kendali C-chart, maka dapat diketahui bahwa terdapat beberapa titik produk cacat yang diluar batas kendali. Sementara itu, dengan melakukan analisa Diagram Pareto, dapat diketahui bahwa kecacatan terbanyak adalah pada sablon kurang rata sebesar 5,625 %. Sedangkan analisis dengan menggunakan diagram sebab akibat dapat diketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kecacatan produk. Faktor-faktor trsebut adalah faktor manusia, lingkungan, mesin, metode dan material. Rekomendasi yang diberikan adalah: Meningkatkan pengawasan terhadap karyawannya dan terus melakukan evaluasi selain itu perusahaan juga harus lebih meningkatkan pengendalian kualitas produnya.

References


Handoko, T. Hani, (2000). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Ivanto, Muhammad. Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Universitas Tanjung pura.

Lailatus Sholiha, dan Achmad Syaichu. Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Gula Kristal Putih Dengan Metode Seventools. Jurnal Ilmu-ilmu Teknik- Sistem, vol.13 No.1

Nanda,Refsa. Produksi (pengertian, proses, jenis, penentuan tipe, dan macam tipe produksi). www.materikelas.com. Diakses pada 2018

Render, Barry dan Jay Heizer, (2015). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Subagyo Pangestu, (2000). Manajemen Operasi. BPFE Yogyakarta

Sukendar, Irwan. 2008. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cetak Buku Dengan Menggunakan Seven Tools Pada Pt. .Xyz. Jurnal Universitas Sultan Agung Semarang.

Tannady, Hendy. 2015. Pengendalian Kualitas. Jakarta: Graha Ilmu

Yamit, Zulian, (2001). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Yamit, Zulian, (2002). Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonisia


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v3i1.237

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v3i1.237.g228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.