ANALISIS PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DENGAN KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN PONOROGO

Siti Julaika, Umi Farida, Purwanto .

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan semangat kerja pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai dengan Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo.

Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuesioner terhadap 99 responden yaitu seluruh pegawai pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa regresi linear sederhada dan Moderated Regression Analysis (MRA) yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Variabel Stres Kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja, 2).Variabel Konflik Kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja, 3).Variabel Stres Kerja yang dimoderasi oleh kepemimpinan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja, 4).Variabel Konflik Kerja yang dimoderasi oleh Kepemimpinan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja.

Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v1i1.45

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v1i1.45.g30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.