RANCANG BANGUN IoT SMART FISH FARM DENGAN KENDALI RASPBERRY PI DAN WEBCAM

Khabib Yahya Nashrullah, Moh Bhanu Setyawan, Adi Fajaryanto Cobantoro

Abstract


Pakan merupakan faktor utama dalam melakukan budidaya ikan, permasalahan utama yang dihadapai oleh pembudidaya ikan lele yaitu sistem pemberian ikan yang masih berorientasi pada sumberdaya manusia yang sifatnya masih manual. Kelemahan dari sistem ini yaitu pemberian pakan tidak dilakukan secara teratur karena pembudidaya ikan tidak selalu berada di lokasi kolam atau tambak secara langsung. Pemberian pakan ikan yang tidak teratur akan berdampak pada pertumbuhan dan produksi ikan yang dihasilkan, selain itu keterlambatan pemberian pakan dapat memicu sifat kanibalisme pada ikan lele. Tindakan preventif untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah pemberian pakan ikan secara terjadwal. Pada penelitian ini, merancang sebuah alat pemberian pakan ikan otomatis dengan kendali Raspberry Pi dan webcam. Prototype ini menggunakan teknologi IoT dengan Raspberry Pi dan webcam sebagai pengendali utamanya, kemudian menggunakan Telegram untuk mengontrol pemberian pakan ikan otomatis yang dikirim berupa pesan. Bahasa yang digunakan dalam program Raspberry Pi menggunakan bahasa Python. Dari data yang diperoleh akan dianalisa seberapa baik jaringan ketika mengirimkan data dari Raspberry Pi ke Telegram. Berdasarkan hasil pengujian Rasberry Pi dapat menerima perintah dari Telegram dan meneruskannya ke webcam, sensor LDR Infrared, dan motor stepper. Webcam berfungsi sebagai monitoring keadaan kolam, sensor LDR Infrared untuk mengecek keadaan isi tampungan, dan motor stepper untuk melakukan pengisian dan penyebaran pakan.


Keywords


Pakan Ikan, Raspberry Pi, Webcam, Telegram

References


Ananda, J. B. 2016. Aplikasi Webcam Untuk Deteksi Warna Sebagai Input Kendali Robot Mobil Berbasis Arduino. Laporan Akhir Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Kardi, M. Ghufron, H. 2010. Farm Bigbook- Budidaya Ikan Konsumsi di Air Tawar . Yogyakarta: Andi Publisher.

Rakhman, E, dkk. 2014. Raspberry Pi- Mikrokontroler Mungil yang Serba Bisa. Yogyakarta: Andi Publisher.

Saputro, L. B. 2017. Sistem Monitoring Pemberi Pakan Ikan Otomatis dengan Kontrol SMS. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, Ponorogo.

Saragih, A. R. Pramana, R. 2016. Rancang Bangun Perangkat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Pada Kolam Pembenihan Ikan Berbasis Arduino. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang.

Syahrul. 2011. Motor Stepper, Teknologi

Metoda dan rangkaian Kontrol. Majalah Ilmiah UNIKOM, Jurusan Teknik Komputer Universitas

Komputer Indonesia.

Waher, P. 2015. Learning Internet Of Things. Brimingham Mumbai: Packt Publishing

Witono. Pramana, R. Nugraha, S. 2017. Perancangan Pemberian Pakan Ikan Secara Otomatis dan Manual Berbasis rasberry Pi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v3i1.206

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v3i1.206.g201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.