SISTEM LATIH DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT JAMUR TIRAM MENGGUNAKAN DECISION TREE BERBASIS ANDROID

Dimas Aditya, Ghulam Asrofi Buntoro, Indah Puji Astuti

Abstract


Kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. salah satu pemanfaatan teknologi ini dirasakan para petani dalam mendapatkan informasi mengenai hama dan penyakit jamur tiram. seiring munculnya berbagai macam hama dan penyakit yang terdapat pada jamur tiram yang dipengaruhi oleh beberapa faktor utama antara lain: kondisi suhu, air, tanah, SDM (sumber daya manusia), serta bibit jamur. oleh karena itu dibutuhkan aplikasi sistem latih budidaya jamur dengan berbasis android serta mengadopsi metode decision tree serta dirancang menggunakan tool Android Studio.hasil dari perancangan aplikasi ini adalah memudahkan user dalam mendiagnosa hama dan penyakit jamur tiram tanpa harus mendatangi seorang pakar secara langsung dan bisa diakses secara langsung untuk pengguna smartphone karena berbasis android.


Keywords


Jamur Tiram, Android, decision tree, Android Studio

References


Eriksen, Stuart,dkk.(2001).Decision Tree. University of California, Irvine: USA

Juhara, Zamroni P. 2016. Panduan Lengkap Pemrograman Android. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nasution, Jamilah.(2016). kandungan karbohidrat dan protein jamur tiram putih (Pleuterus ostreatus)pada media tanam serbuk kayu kemiri (Aleurites molucanna) .JURNAL EKSAKTA VOLUME 1,2016.

Turban, Efraim, E Aronson. Decision Support System and Intelligence System.Sixth Edition.Pearson Education, New Jersey.2001


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v3i1.229

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v3i1.229.g208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.