RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KUALITAS PH AIR KERAMBA IKAN BERBASIS ARDUINO DI TELAGA NGEBEL KABUPATEN PONOROGO

Muhammad Ega Pahlawi, Edy Kurniawan, Desriyanti Desriyanti
DOI: 10.24269/jkt.v4i1.339

Abstract


Kematian ikan suatu danau kadang terjadi akibat kualita ar yang tidak termonitoring dengan baik di danau tersebut, kemudian petani akan mengalami kerugian akibat hal tersebut. Untuk itu alat ini dibat untuk memonitoring kualitas air berdasarkan kadar PH air.sistem pada alat ini bertujuan untuk memberika peingatan dini ke peternak ikan untuk mengetahui ketika kualitas air danau sudah mendekati ambang batas berbahaya sehingg peternak ikan dapat segera mengatisipasinya untuk menghindari kerugian atas fenomena tersebut dapat diminimalisir. Selain itu data kualitas air yang diukur oleh sensor akan di teruskan ke petani ikan sehingga petani dapat mengetahuinya ketika tidak diarea tambak menggunakan pesan singkat sms. Pada saat sensor mendetesi kadar pH normal dengan rage pH 5-9 maka alat akan menyalakan lampu led berwarna hijau, pada saat sensor mendeteksi kadar pH tinggi dengan pH ≤ 4.9 maka alat akan menyalakan lampu led berwarna merah dan  mengirimkan notifikasi ke peternak ikan tambakan, begitupun ketika sensor mendeteksi kadar pH rendah dengan pH ≥9.1 maka alat akan menyalakan lampu led berwarna kuning kemudian mengirimkan notifikasi ke peternak ikan. Diharapkan dengan dibuatnya alat ini masyarakat sekitar terutama peternak ikan dapat memantau kualitas air dengan mudah.


Keywords


keramba, Monitoring, Telaga ngebel ,Ph Air, Modul GSM

References


Ahmad Fungky Andria M1*, Sri Rahmaningsih,2018. Kajian Teknis Faktor Abiotik pada Embung Bekas Galian Tanah Liat PT. Semen Indonesia Tbk. untuk Pemanfaatan Budidaya Ikan dengan Teknologi KJA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI, Ronggolawe, Tuban.

Andrianto heri. 2013. Pemrograman Mikrokontroler Avr ATmega16.informatika bandung, Bandung

Hefni effendi, 2003, Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber daya Di Lingkungan Perairan, Kanisius, Jakarta.

https://bsd.pendidikan.id/data/umum/Teknik_ Pembesaran_ Ikan_3.pdf (diakses pada jam 07.42, kamis, 19 desember 2019 )

http://bp2ksi.litbang.kkp.go.id/ index.php/8- halaman- depan/49- kematian- ikan-secara-massal-di-danau-toba-penyebab-dan-antisipasinya(diakses pada jam 08.30, kamis, 19 desember 2019)

https://create.arduino.cc/ projecthub/ EasyMades/ sim800l- gprs- module- with-arduino-at-commands-d3f3f7 (diakses pada jam 18.24,Rabu, 18 september 2019)

Kabupaten Ponorogo. 2015. RKPD Kabupaten Ponorogo Tahun 2015. 93, 95-98

Otong Zenal Arifin, Vitas Atmadi Prakoso, dan Brata Pantjara, 2017, ketahanan ikan tambakan terhadap beberapa parameter kualitas air dalam lingkungan budidaya, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan, kepri. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jra

saputra akip 2016, pengukur kadar keasaman dan kekeruhan air berbasis arduino, program studi teknik elektro fakultas teknik universitas muhammadiyah surakarta, Surakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.