RANCANG BANGUN APLIKASI REKAPITULASI GAJI PEGAWAI PADA RUMAH MAKAN JOGLO MANIS PONOROGO

Rachmad Tirta Husada, Aliyadi Aliyadi, Nurwanto Nurwanto
DOI: 10.24269/jkt.v4i1.367

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Rumah Makan Joglo Manis Ponorogo. Dalam penelitian ini penulis membuat Rancang Bangun Aplikasi Rekapitulasi Gaji Pegawai pada Rumah Makan Joglo Manis Ponorogo. Aplikasi penggajian ini dirancang menggunakan metode waterfall, metode waterfall adalah model klasik yang bersifat sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut memulai tahapan-tahapan perencanaan, permoodelan, kontruksi, serta penyerahan system ke para pengguna, yang di akhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan. Aplikasi penggajian karyawan ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah personalia melaksanakan tugasnya. Antara lain input data karyawan, input gaji karyawan, laporan gaji perbulan karyawan, dan slip gaji karyawan. Masalahnya sistem perhitungan gaji pada rumah makan tersebut masih manual dan terkadang banyaknya karyawan yang melakukan izin tidak hadir membuat perekapan gaji menjadi kurang terorganisir dan kadang masih keliru. Sehingga dibutuhkan otomatisasi agar langsung terekap sesuai dengan harga persekali melakukan absensi. Perancangan tersebut dilakukan agar kedepannya perhitungan gaji akan tersistem sehingga lebih cepat dan efisien menggunakan teknologi yang berkembang Aplikasi penggajian ini praktis dikarenkan tampilan user interfacenya sangat mudah dimengerti, simple dan berbasis web. Dalam proses penggajian karyawan ini dibuat online sehingga personalia dapat menggunakan aplikasi ini setiap waktu dan dimanapun.


Keywords


Rumah Makan Joglo Manis Ponorogo, Penggajian Pegawai, waterfall, php, MySQL.

References


Adiarsi, Gracia Rachmi, Yolanda Stellarosa, and Martha Warta Silaban. 2015. “Literasi Media Internet Di Kalangan Mahasiswa.” Humanioara 6(4): 470–82.

Ariska, Bintang. 2017. “Aplikasi Mobile Student Assistant Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Unila Berbasis Android.”

Hartadi, Rudy, and Arief Hidayat. 2016. “Perancangan Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah (Studi Kasus : STMIK Provisi Semarang).” Jurnal Bianglala Informatika 4(1): 31–40.

Maulana, Zulmi Bangkit. 2014. “Rancang Bangun Aplikasi EBOOK Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik.” Jurnal Unnes Edu Elektrika 5(2): 15–21.

Noviani, Anisa. 2000. “Rancang Bangun APlikasi Penggajian Pegawai Pada Toko Buku Menggunakan PHP Dan MySQL.” (09): 825–32.

Nuraini, Rini. 2015. “Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart.” Computer Science and Communications Dictionary 1(1): 144–51.

Prasojo, Hario Putro, and Dian Nuswantoro. 2012. “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework Cobit 5 Domain DSS01 ( Manage Operations ) Pada BPS Provinsi Jawa Tengah.” Multitek Indonesia 1(x): 67–76.

Surya, Ardi Lukman, Wina Witanti, and Wisnu Uriawan. 2016. “Sistem Pengukuran Investasi Teknologi Informasi PT . South Pacific Viscose Purwakarta.” In STIMA 2.0, ed. Universitas Majalengka. Majalengka: Majalengka, Universitas, 160–70.

Taufiq, Ghofar, and Irmawati Carolina. 2015. “Rancang Bangunn SIStem Informasi Penggajian Pada PT. Z.” Akuntansi Komputerisasi (2): 171–76.

Wulandari, Lauw, Haryanto Tanuwijaya, and Julianto Lemantara. 2012. “Analisis Perancangan Sistem Informasi Penggajian Di PT. Big Surabaya.” Jurnal Sistem Informasi 2(1): 22–36.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.