ALAT PENDETEKSI KENYAMANAN KELAS DENGAN SENSOR 3 IN 1 (CAHAYA, SUHU DAN SUARA) BESERTA AKSI KONTROL (LAMPU, AC DAN ALARM)

Defic Fulgida Parma, Desriyanti Desriyanti, Muhammad Muhsin

Abstract


Kualitas kegiatan belajar di kelas yang diikuti oleh pelajar perlu diutamakan. Untuk mencapai kualitas kegiatan belajar tersebut salah satunya dengan cara meningkatkan kenyamanan dalam ruang kelas belajar itu sendiri. Sistem kenyamanan kelas yang ada pada saat ini dilakukan secara manual, misalnya menyalakan lampu dengan saklar dan menyalakan AC dengan remote. Dari penelitian ini dihasilkan alat pendeteksi kenyamanan kelas menggunakan 3 sensor (cahaya, suhu dan suara) beserta feedback (lampu, AC dan alarm) yang menyala dan mati secara otomatis. Perancangan prototype menggunakan Arduino Mega2560 sebagai mikrokontroler, LDR sebagai sensor cahaya beserta LED sebagai umpan baliknya, LM35 sebagai sensor suhu beserta Motor DC sebagai umpan baliknya dan Kondensor mikrofon sebagai sensor suara beserta Buzzer sebagai umpan baliknya. Setiap sudut ruang kelas terdapat 4 jumlah sensor pada setiap jenis masing-masing sensor yang ada. Dari jumlah 4 sensor yang sejenis pada setiap sudut tersebut dijumlahkan lalu dibagi 4 untuk mencari rata-rata kondisi ruang kelas kemudian feedback (lampu, AC dan alarm) akan menyala otomatis apabila ruang kelas terasa tidak nyaman. Hasil dari penelitian ini alat telah bekerja sesuai prinsip kerja yang telah ditentukan dan analisa data juga sesuai dengan perhitungan yang ada.


Keywords


Class comfortability detector tools, Arduino Mega2560, LDR, LM35, Microphone condensor

References


Abidin, Zainal. (2002). Filsafat Manusia. Rosda, Bandung

Agung, Priyo. (2016). Alat Pengontrol Kebisingan Di Perpustakaan Berbasis Mikrokontroler AT-Mega 16. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Arismaya, J., & Hergiana, Melia. (2010). Skripsi. Pengukuran Intensitas Cahaya Di Lingkungan Sekitar Departemen Teknik Sipil Dan Lingkungan IPB. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Budiman, Arief. (2003). Kamus Istilah Teknik Elektronika. M2S, Bandung.

Candra, Robby. (2006). Alat Pemantau Suhu Ruangan Melalui Web Berbasiskan Mikrokontroler At89s51. Skripsi, Universitas Gunadarma, Depok.

Daryanto, Drs. (2000). Pengetahuan Teknik Elektronika. Bumi Aksara, Jakarta.

Djuandi, Feri. (2011). Pengenalan Arduino. Elexmedia, Jakarta.

Liliana, & Welman, J. (2014). Prototype Penerangan Rumah Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Jurnal Sains, UIN Suska, Riau.

Mandala, Riki. (2012). Laporan Hasil Penelitian Kebisingan Disepanjang Koridor Lantai 3 UMB Kampus II. Penelitian,Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Sugini. (2014). Kenyamanan Termal Ruang. Graha Ilmu, Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v2i1.65

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v2i1.65.g39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.