PEMBUATAN GAME 2D BERJUDUL “SI BUJANG GHANONG” SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI MASYARAKAT MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Wakit Kurniadani, Aliyadi Aliyadi, Adi Fajaryanto

Abstract


Dalam dunia game, ad banyak jenis game yang beredar di masyarakat. Di era modern ini game yang paling laris atau di gemari adalah game android, karena sudah meratanya teknologi android sekarang ini. Game adventure merupakan salah satu game yang di gemari, dilihat dari penjualan situs game , game adventure termasuk game yang di gemari. Di era modern ini banyak game yang mementingkan sifat hiburan saja tanpa mementingkan sisi edukasi, Reog merupakan kebudayaan asli masyarakat ponorogo, dan turun-temurun terus dilestarikan. Di lihat dari segi pementasan di setiap acara rakyat pasti ada pertunjukan Reog, bahkan di setiap tahunya di selenggarakan FNRP (Festival Nasional Reog Ponorogo). Construct 2 merupakan Software pembuat game tanpa menggunakan skrip bahasa pemograman, karena Construct 2 sudah berbentuk objek, jadi pengguna cupup mengatur atribut suatu objek. Game berjenis Edukasi sangat menari di jadikan bahan ajar, dan untuk menjawab kemajuan zaman modern ini tanpa harus meniggalkan pengetahuan sejarah.


Keywords


Game, Ponorogo, Reog, Ganong, Construct 2

References


Soemarto, Menulusuri Perjalanan Reog Ponorogo. Edisi 1. Pnorogo: CV.Kotareogmedia, 2014.

Anung Budianto, Analisis Dan Perancangan game Edukasi “Need For Safety” Sebagai Sarana Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta, 2014.

Ika Paronika, Perancangan Game Wedding Season Show Berbasis Html5 Menggunakan Construct 2. Yogyakarta: STIKOM AMIKOM, 2013.

Siwi Tri Purnami, Mitos Asal-Usul Tarian Reog Ponorogo Dan Pemanfaatanya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Sma. Jember: Universitas Jember, 2014.

Wahyu Pratama, Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Purwokerto: STMIK AMIKOM, 2014.

Rido Kurnianto. Seni Reyog Ponorogo(sejarah,nilai dan dinamika dari waktu ke waktu. Edisi 1. Ponorogo: Buku Litera Yogyakarta, 2017


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v2i1.70

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v2i1.70.g44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.