PENERAPAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO

Annur Annur, Rido Kurnianto, Rohmadi Rohmadi
DOI: 10.24269/tarbawi.v2i2.174

Abstract


Penerapan merupakan suatu proses tindakan yang dilakukan dalam mencapai tujuan sedangkan karakter religius ialah sikap individu dari dalam diri seseorang. Penerapan karakter religius merupakan usaha untuk menerapkan pendidikan karakter pada peserta didik dengan melalui beberapa metode atau pembiasaan untuk tercapainya karakter religius. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui penerapan karakter religius pada peserta didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. (2) Mengetahui factor pendukung dan penghambat penerapan karakter religius pada peserta didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi untuk menjawab permasalahan penerapan karakter religius pada peserta didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.

Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Hafalan juz ama sebelum pembelajaran dimulai, (2) pembiasaan sholat dhuha, (3) pembiasaan sholat dhuhur berjamaah. Adapun model penerapannya adalah (1) Memberi suri tauladan yang baik seperti berjabat tangan setiap pagi. (2) Berpakaian muslimah. Adapun factor pendukung dan penghambat penerapan karakter religius pada peserta didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, faktor pendukung adalah semangat siswa untuk berubah menjadi lebih baik, adanya kerjasama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, ilmu pendidik yang memadai. Sedangkan faktor penghambat adanya beberapa siswa yang kurang semangat untuk berubah menjadi lebih baik, dan masih ada terkendalanya alat yang belum, yaitu peralatan pelatihan haji masih pinjam.

 


Keywords


Pendidikan Karakter, Karakter Religius

References


Anis Matta, M, “Membentuk Karakter Secara Islami”, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2014.

Bachri, Bachtiar, “Meyakinkan Validitas Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Volumme 6, Nomer. 1 April 2010.

Chusnul Maesaroh, “Manajemen Kurikulum Takhasus Untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa di SD HJ. Isriati Baiturrahman 2 ”.Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan Universutas Islam Negeri Walisongo.2015.

Lexy, J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa, E. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Mulyasa, E, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Nasrudin Aziz, Muhammad, “Model Pembelajaran Afektif Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Karakter di MI Pesantren Anak Soleh (PAS) Baitul Qur’an Gontor Mlarak Ponorogo”.Skripsi. Ponorogo: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 2017.

Sahlan, Asmaun dan Prasetyo Teguh, Angga, “Desain Pembelajaran BerbasisKarakter”, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Suharsini, Arikunto, “Prosedur Penelitain”, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Syamsul, Yusuf dan Nani M, Sugandhi, “Perkembangan Peserta Didik”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.