MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA KRAJAN KREBET JAMBON PONOROGO

Winda Winda, Rido Kurnianto, Ayok Ariyanto
DOI: 10.24269/tarbawi.v2i2.176

Abstract


Manajemen merupakan aspek yang urgen dalam lembaga pendidikan islam. Implementasi manajemen pendidikan islam secara komprehensif akan mampu meningkatkan mutu pendidikan islam. Madrasah Diniyah Nurul Huda menerapkan manajemen pendidikan islam yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya madrsah diniyah yang dikelola dengan sistem pembelajaran yang sangat baik mengacu pada konsep manajemen pendidikan islam. Program unggulan yang ditawarkan kepada santri  adalah madrasah diniyah adalah diwajibkannya menghafalkan jus 30 dan 40 doa-doa seperti doa keseharian (doa keluar dan masuk masjid dan lain-lain). 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Madrasah Diniyah Nurul Huda, bagaimana manajemen yang diterapkan di Madrasah Diniyah Nurul Huda, dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan Madrasah Diniyah Nurul Huda.

Untuk mencapai tujuan tersebut  peneliti menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode penelitian pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala sekolah, guru kelas dan wali murid. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis, dalam hal ini peneliti melakukan wawancara lalu pengamatan secara langsung di lokasi sehingga peneliti dapat menggambarkan secara menyeluruh tentang pelaksanaan pembelajaran dan manajemen Madrasah Diniyah Nurul Huda.

Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Manajemen Madrasah Diniyah Nurul Huda yang meliputi perencanaan yaitu membahas tentang persiapan guru dalam mengajar yaitu dengan cara pemahaman materi sebelum diajarkan dan penentuan sasaran yaitu terletak pada hafalan jus 30 dan doa sehari-hari, pengorganisasian yang membahas tentang penyusunan struktur organisasi yang kepala sekolah sendiri menyesuaikan akan kemampuan guru dalam mengajar, pelaksanaan atau penggerakan yang membahas tentang runtutan pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyah Nurul Huda dan pengawasan yang membahas tentang pengawasan yang dilakukan oleh kepala madrasah diniyah yaitu dengan cara mengajar dengan cara bergilir dari kelas satu sampai kelas empat. (2) Kelebihan Manajemen Madrasah Diniyah Nurul Huda adaalaah terletak pada hafalan juz 30 dan doa sehari-hari yang diterapkan pada semua santri. Sedangkan kekurangannya adalah sarana prasarana yang belum memadai.


Keywords


Manajemen, Pembelajaran Madrasah Diniyah

References


Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.

Anthoillah, Anton. 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV Pustaka Setia.

Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Kompari. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Qomar, Mujamil. 2002. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumber Internet:

Mahmudah, Triasti. Penyusunan RPP Guru Bahasa Indonesia SMP 2 Bantul. Yogyakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Yudhi, Alex Aldha. 2018. Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana Prasarana. Nomor 1. 31 Juli

Fadlun Maros, Ardi Tambunan. Penelitian Lapangan (Field Research). https://www.academia.edu/24308046/PENELITIAN_LAPANGAN_FIELD_ESEARCH_PADA_METODE_KUALITATIF. Diakses: Mei 2018.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.