PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN GURU MI DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO

Marini Marini, Nurul Iman, Aldo Redho Syam

Abstract


Abstract:

This study aims to determine whether or not there is a significant influence between the leadership

style of the madrasah principal and the level of discipline of the MI Darul Fikri teacher. The subjects

of this study were all teachers of MI Darul Fikri as many as 27 teachers, sampling using a total

sample of 27 respondents. In measuring the research variables, the researcher first tested the

instrument, namely the validity test and the reliability test. Meanwhile, in measuring the effect of the

two variables using the correlation formula and simple linear regression using SPSS 17 to find out the

results of the data that has been done. Based on data processing which states that there is a

significant influence between the leadership style of the madrasa principal and the level of discipline

of MI Darul Fikri teachers, namely 61.3% and 38.7% the level of teacher discipline is influenced by

other aspects.

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan antara

gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan tingkat kedisiplinan guru MI Darul Fikri. Subjek

penelitian ini adalah seluruh guru MI Darul Fikri sebanyak 27 guru, pengambilan sampel

menggunakan sampel total yaitu 27 responden. Dalam mengukur variabel penelitian, peneliti

melakukan uji instrumen terlebih dahulu, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, dalam

mengukur pengaruh kedua variabel menggunakan rumus korelasi dan regresi linier sederhana

menggunakan SPSS 17 untuk mengetahui hasil data yang telah dilakukan. Berdasarkan olah data

yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah

dengan tingkat kedisiplinan guru MI Darul Fikri yaitu sebesar 61,3% dan 38,7% tingkat kedisiplinan

guru dipengaruhi oleh aspek lainnya.


Keywords


Leadership style, teacher discipline, teacher, Gaya kepemimpinan, kedisiplinan guru, guru

References


Apriliani, E., & Ariyanto, A. (2018). Sikap

Disiplin Fasilitas Belajar dan

Lingkungan Belajar terhadap

Motivasi Berprestasi dan

Dampaknya pada Hasil Belajar

Matematika Siswa SMP. Prosiding

SEMPOA (Seminar Nasional,

Pameran Alat Peraga, dan

Olimpiade Matematika) 4 2018.

Eti Nurhayati, R. Supomo. 2018.

Manajemen Sumber Daya Manusia,

Bandung: Yrama Widya.

Imam, Suprayogo. 1999. Revormulasi Visi

Pendidikan Islam. Malang: Stain

Press.

Katni, K., & Khusnul Rois, A. (2015).

Pengelolaan Madrasah Dalam

Perspektif Manajemen Mutu

Terpadu (Studi Di MI Plus Al Islam

Dagangan Madiun). Jurnal

Muaddib, 5(02).

Laksana, S. D. (2016). Urgensi pendidikan

karakter bangsa di

sekolah. MUADDIB: Studi

Kependidikan dan Keislaman, 5(2),

-184.

Nugraheni, Aninditya Sri dan Ratna

Rahmayanti. 2006. “Pengaruh

Disiplin Kerja Terhadap Kinerja

Guru di MI Al Islam Tempel dan

MI Al Ihsan Medari”, Jurnal

Pendidikan Madrasah, Volume 1

Nomor 2, November.

Nurjan, S., & Ahmad, A. D. Adversity

Intelligence Guru: Identifikasi

Faktor-Faktor Yang Berperan.

Rivai, V. 2004. Manajemen sumber daya

manusia untuk perusahaan. Jakarta :

PT. Raja Grafindo Persada.

Suprayitno, E., Rois, S., Harmanto, B., &

Iman, N. (2018). Character

Education Values In Folklores Of

Ponorogo And Their Relevance In

Teaching Literature. Proceeding

Icon-ELite, 1(1), 27-37.

Utama, Widyaiswara. 2011. Kepemimpinan

Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Yuniarti, Ike, Muhammad Ramli, and Sitti

Mania. 2018. “Pengaruh Gaya

Kepemimpinan Kepala Madrasah

Terhadap Kedisiplinan Guru Pada

Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten

Bulukumba.” Journal of Islamic

Education Management 4, no. 2 : 182-95


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v0i0.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.