Implementasi Metode Tikrar dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VII di Pondok Pesantren Al-Muqoddasah Nglumpang Mlarak Ponorogo
Abstract
Keywords
References
Chered, K. 2015. Pria Ini Gagas Meta Rubaiyat: Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal, dikutip dari https://kaltim.tribunnews.com/2015/11/20/pria-ini-gagas-meta-rubaiyat-menghafal-al-quran-tanpa-menghafal. diakses pada tanggal 6 Maret 2021 pukul. 10.10 pm.
Damis, & Galib, A. S. H. (2020). Penerapan Metode Tahsin Bin-Nadhar Dan Tahfidz Bil–Ghoib Terhadap Peningkatan Hafalan Santri Jurnal Pendais Volume 2 no. 1.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesi. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, S. B. & Zaim, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdausi, F. (2017). Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi atas buku “Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim) Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis. Vol. 18, No. 2.
Habibullah, I. (2019). Tarîqah Al-Tikrar Fî Hifzhi Al-Qur’an (Dirâsah al-Hâlât Bi Ma’had Al-Muqoddasah, Ponorogo). Studia Quranika (Jurnal Studi Qur’an) Vol. 4, No. 2.
Hanafi., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). Implementasi Metode Hafalan Alquran Bagi Santri Di Ma’had Al Ghorowi Bogor Tahun 2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.
Hariyanti, W. E. (2017). Tesis. Metode Menghafal Al Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Yaa Bunayya dan RA Darussalam Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga
Maulidiah, A. I. (2018). Efektivitas Metode Tikrār Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Pada Mahasiswi Ta’līm Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Mujib, A. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nuh, A. B., & Bakry, O. (2005). Kamus Indonesia Arab Inggris. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Qasim, A. (2012). Kaifa Tahfazh al Qur’an al Karim fi Syahr. Madiun-Jatim
Sa’dullah. (2008). Sembilan Cara Praktis Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.
Sukati. (2015). Studi Komparatif Tentang Metode Menghafal Al Qur’an antara PP. Putri al Munawir komplek “Q” dengan PP. Putri Ali Maksum Krapyak Bantul Yogyakarta. Literasi, Volume VI, No. 2.
Supriono, I. A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa di LPTQ Kabupaten Siak. Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 4, No. 1.
Suriah, M. (2018). Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2.
Tafsir, A. (1995). Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, Cet. 1.
Tania, S. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Tahfidz dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Putri di Ma’had Al-Jami’ah. UIN Raden Intan Lampung.
Yunus, M. 1990. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Mahmud Yunus Wadzurryah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Suharmi Suharmi, M. Miftahul Ulum, Rido Kurnianto