Pengaruh kualitas pelayanan exterior dan interior terhadap kepuasan konsumen (studi Kasus pada Caffe Jiero Wadangan Jl. Bali No. 17 Madiun)

Lahuri Lahuri(1*), Hadi Sumarsono(2), Siti Chamidah(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v3i1.235


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, exterior, dan
interior terhadap kepuasan” konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen caffe jiero
wedangan Madiun. Tekniknpengambilannsampelnyangndigunakan adalahninsidental
sampling,nsehinggandiperoleh 90 responden yang dijadikan sebagainsampelnpenelitian.
Metodenstatistiknyangndigunakannadalahnpengujiannsecaranparsial, simultan untuk menguji
pengaruhnsecaranlangsung kualitas pelayanan, exterior dan interior terhadap kepuasan
konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitasn pelayanannberpengaruh
positif dannsignifikan terhadapnkepuasan konsumen,exterior tidak berpengaruhndan negatif
terhadap struktur modal, dan interior berpengaruhnpositifndannsignifikan terhadapnkepuasan
konsumen. Hasil penelitian secara simultan kualitasnpelayanan, exterior, dan interior
berpengaruhnsignifikannterhadapnkepuasan konsumen.


Full Text:

References


  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Assegaff, M. (2009). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Bisnis. vol 10.2 , 4:10.
  3. Ciputracueo. (2018, February). Diambil kembali dari http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya
  4. Fitrianto, R. (2017). Pengaruh Personal Selling dan Kemudahan Persyaratan terhadap Kepuasan Konsumen Mengajukan Kredit di Koperasi Primkopabri Magetan. Skripsi .
  5. Hamdi. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Sleman: Deepublish.
  6. Harianto, D., & Subagio, H. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1. No. 1 , 3:1-8.
  7. Kotler, P. (1995). Manajemen Pemasaran. Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
  8. Mahanani, S. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Pembayaran Rekening Listrik (Studi Pada Unit Pelayanan Pelanggan Semarang Barat). Skripsi , 32:1-128.
  9. Mahasika, V. (2017). Pengaruh Exterior, Store Layout, dan Interior Display terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi , 33.
  10. Maulana, L. (2015). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Jetis Ponorogo. Skripsi , 27.
  11. Setyaningrum, A., Udaya, J., & Effendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemsaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.
  12. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta .
  13. Tendean, A., & Widodo, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Maja House Sugar & Cream Bandung). Jurnal Manajemen. Vol. 2. No.2 , 2:1-7.
  14. Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.