PENGARUH PENGGUNAAN TIGA METODE INJECTOR CLEANER TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA HONDA VARIO INJEKSI 125

Bagus Dwi Seno Kuncoro Supriyatmojo, Wawan Trisnadi Putra, Kuntang Winangun

Abstract


Dalam penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana pengaruh penggunaan tiga metode injector cleaner terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar khususnya pada Honda Vario Injeksi 125. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan eksperimen secara langsung pada unit instrumen dan alat ukur yang sesuai pada masing – masing pengujian. Pada hasil penelitian diketahui bahwa metode direct injector cleaner memberikan pengaruh peningkatan konsumsi bahan bakar sebesar 20% dibanding penggunaan metode pembersih injector cleaner fluid dan ultrasonic injector cleaner. Penurunan gas CO hingga 0,11 % dihasilkan oleh metode direct injector cleaner pada 6000 rpm. Penurunan kandungan HC terendah dihasilkan oleh metode Ultrasonic injector cleaner dengan angka 60 ppm pada putaran mesin 6000 rpm. Kandungan CO2 yang dihasilkan metode direct injector cleaner lebih  stabil dibanding denganmetode injector cleaner fluid, dan ultrasonic injector cleaner

Keywords


injector, cleaner, gas, emisi

References


Aji, P., & Adi, P. (2014). Analisa Kerusakan dan Model Perawatan Injektor Pada Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik. Jurnal. Volume 7 Nomor 2: 175-180.

Akhmad, S., Sumarli., & Widiyanti. (2016). Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Bahan Bakar Premium dengan Pertamax 92 Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Pada Honda Vario Techno 125. Jurnal.

Hendri, M., Tinton, D., & Dalmasius, G. (2017). Teknologi Sensor Otomotif. Bandung: Rekayasa Sains.

Hongko, P.S. (2015). Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran Tentang Sistem EFI (Electronic Fuel Injection) Menggunakan Media Elektronik Berbasis Android Pada Siswa Kelas XII TKR SMK Negeri 1 Tengaran. Jurnal.

https://www.cnbcindonesia.com, diakses pada 25 April 2018.

(https://ojs.unud.ac.id/, diakses pada 15 Juli 2018.

Jalius, J. (2008). Teknik Sepeda Motor. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kuntang, W. (2009). Uji Emisi Penggunaan Bioetanol Dari Tetes Tebu Sebagai Campuran Premium Dengan Oktan Booster Pada Sepeda Motor Yamaha Vega ZR 2009. Jurnal. Hal. 1-7.

Muhammad Lutfi,dkk. (2018). https://jurnal.umj.ac.id, diakses pada tanggal 15 Juli 2018.

Nur, F., & Warju. (2013). Perbandingan Pengaruh Dua Metode Pembersihan Injektor Terhadap Performa Mesin dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Jurnal. Volume 2 Nomor 1: 132-140.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unggul, S. (2007). KIMIA. Jakarta: Phibeta Aneka Gama.

Wahyu, H., & Riri, S. (2017). Teknologi Baru Motor Bensin. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v2i2.137

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v2i2.137.g111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.