RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS MI MA’ARIF PATIHAN KIDUL)

Mita Bela Franciska, Mohammad Bhanu Setyawan, Ismail Abdulrazzaq Zulkarnain

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi augmented reality yang dapat membantu siswa sekolah dasar kelas 1 dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Aplikasi ini dapat menampilkan objek 3D yang menarik dan disertai dengan suara serta teks. Selain itu user interface serta objek 3D dibuat semenarik mungkin karena pada tahap pendidikan anak usia sekolah dasar siswa cenderung lebih tertarik dengan suatu hal yang terdapat gambar animasi serta warna-warna cerah. Hal ini akan membuat siswa lebih mudah mengingat suatu bentuk atau tulisan yang memiliki  warna menarik dan bentuk yang komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode perancangan waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti tahap berurutan yang ada di waterfall. Aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK.

Keywords


Augmented Reality, Bahasa Inggris, Interaktif, Media Pembelajaran

References


Amin, D., and Golvikar, S. 2015. “Comparative Study of Augmented Reality SDK’s”. International Journal on Computational Science & Application 5, 11-26.

Candra, A., Rachmawati, D. and Budiman, M.A. 2014. “Perancangan Mobile Augmented Reality System untuk Wisata Sejarah”. SENARAI, pp 211-213.

Hanafi, Miftah Rizqi. 2015. “Analisis Dan Perancangan Aplikasi GEOMETRA, Media Pembelajaran Geometri Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Lyu, Michael R. 2012. Digital Interactive Game Interface Table Apps for Ipad. Jurnal Penelitian. The Chinese University of Hongkong.

Moeis, Dikwan, and Andrew Pradana Pangala. 2016. “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK DENGAN PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID.” SIBerPro 2 (2):67–77.

Nugroho, Atmoko, and Basworo Ardi Pramono. 2017. “APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M UNIVERSITAS SEMARANG” 14:86–91.

Pardede, Andy Gohan. 2014. “Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.” Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pratama, M.A. 2014. “Penerapan Augmented Reality pada Perancangan Aplikasi Pengenalan Alat Musik Taganing Batak Berbasis Android”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Priatna, Nanang, and Tito Sukamto. 2013. Pengembangan Profesi Guru. 1sted. Rosda.

Quraish, Rinta Kridalukmana, and Kurniawan Teguh Martono. 2016. “BUKU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID.” JURNAL TEKNOLOGI DAN SISTEM KOMPUTER 4 (1):102–8.

Rizal, Asahar Johar, and Aan Erlansari. 2016. “REALTIME TRANSLATION UNTUK PENERJEMAHAN BAHASA INGGRIS- INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA ANDROID.” JURNAL REKURSIF 4 (1):107–18.

Sari, Yenda, Een Yayah Haenilah, and Lilik Sabdaningtyas. 2015. “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI,” no. 1113054069.

Saurina, Nia. 2016. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY.” Jurnal IPTEK 20 (1):95–108.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Wardani, Setia. 2015. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA PADA ANAK.” JURNAL TEKNOLOGI 8 (2):104–11.

Yamin, M. 2017. “METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT DASAR.” JURNAL PESONA DASAR 1 (5):82–97.

Zulkifli, Nur Aisyah. 2014. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN RUNNING DICTATION MELALUI MATERI AGAMA DI SD IT AL-FITTIYAH PEKANBARU.” JURNAL PENELITIAN SOSIAL KEAGAMAAN 17 (2):175–97.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v2i2.140

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v2i2.140.g114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.