PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA JAWA DI SDN 1 SIDOREJO PONOROGO

Fita Endah Eka Kusuma, Moh Bhanus Setyawan, Ismail Abdurrozzaq Zulkarnain

Abstract


Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam menjadi pola pikir yang modern dengan mengikuti perkembangan Teknologi Informasi (TI). Dikarenakan masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran yang hanya berceramah cenderung kurang interaktif, karena mengenalkan aksara jawa khususnya tiga dimensi membutuhkan visualisasi yang cukup tinggi. Dengan adanya pembelajaran pengenalan aksara jawa yang interaktif salah satu contoh media interaktif masa kini adalah Teknologi Augmented Reality (AR), guru dapat terbantu dalam menyampaikan materi aksara jawa, sehingga siswa lebih tertarik dalam mempelajari aksara jawa. Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam lingkungan nyata.


Keywords


Augmented Reality, Aksara Jawa, Android

References


A. Haryanto, "Peningkatan ketrampilan membaca huruf jawa melalui metode iqro' pada siswa kelas IV SD Negeri II Krisak Kecamatan Selogiri," Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

D. Pendidikan, "Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) untuk Jenjang Pendidikan SD /SDLB /MI dan SMP /SMPLB /MTs Negeri dan Swasta Provinsi Jawa Tengah," in , Semarang, 2010, p. 12.

Lukman, S., & Noor, S. A. (n.d.). PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN AKSARA JAWA KELAS IV DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 04 BANYUMANIK SEMARANG.

M. M. Abubakar, "Teknologi Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Sistem Tata Surya," Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer AMIKOM, 2010.

Milgram P, A Taxonomi Of Mixed Reality Visual Display, IEICE Transaction on Information Volume E77-D, No.12 Desember 1994.

Noor, S. A., Lukman , S., & Hanny, H. (2016). MODEL ANTARMUKA AUGMENTED REALITY INTERAKTIF MENGGUNAKAN APPRECIATIVE LEARNING DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA. Techno.COM, 15(1), 77-83.

R. T. Azuma. 2013. A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, vol. 6, no. 4, pp. 355-385

Setia, W. (2015). PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA PADA ANAK. Jurnal Teknologi, 8(2), 104-111.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v3i1.203

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/jkt.v3i1.203.g198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.