Metode Profile Matching Untuk Pemilihan Pegawai Terbaik Pada Pengadilan Negeri Palangkaraya Kelas IA

Adiyasa Dinata uda, Adi Nata Al Amin, Desiana Kasih, M Rahmadani Pandaran, Lili Rusdiana

Abstract


Pengadilan Negeri/Pengadilan Hubungan Industrial merupakan salah satu Pengadilan Negeri yang ada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pengadilan Negeri Palangkaraya memiliki 46 orang pegawai yang diantaranya ada 16 orang pegawai tidak tetap. Penilaian kinerja pegawai tentu sangat penting dimana hal itu akan menjadi pertimbangan untuk melakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Sistem Pengambilan Keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam proses pemilihan pegawai tidak tetap terbaik di Pengadilan Negeri Palangka Raya kelas IA. Keputusan dalam pemilihan pegawai tidak tetap terbaik sangat penting, karena keberhasilan dan efisiensi pengadilan sangat bergantung pada kualitas dan kemampuan pegawai yang dipekerjakan. Penelitian ini menggunakan metode profile matching, yang merupakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan yang telah terbukti efektif dalam berbagai bidang. Metode ini akan digunakan untuk membandingkan profil pegawai yang ada dengan kriteria dan kompetensi yang telah ditetapkan untuk posisi tertentu.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Pengadilan Negeri Palangka Raya dalam memilih pegawai tidak tetap terbaik dengan lebih objektif dan akurat. Dengan adanya sistem pengambilan keputusan ini, diharapkan proses pemilihan pegawai tidak tetap terbaik dapat dilakukan dengan lebih efisien dan menghasilkan pegawai yang lebih berkualitas, sehingga meningkatkan kinerja dan pelayanan di pengadilan.


References


Ari, s. (2013, juli 2). Pengambilan Keputusan. Diambil kembali dari Definisi dan Dasar Pengambilan Keputusan: https://sofiaribowo.wordpress.com/2013/07/02/definisi-dan-dasar-pengambilan-keputusan/

Edi , F. ( 2014). Implementasi Metode Profile matching untuk Penentuan Penerimaan Usulan. Implementasi Metode Profile matching untuk Penentuan Penerimaan Usulan, 6, 60-65.

Eprints. (2013). Bab III landasan teori. landasan toeri keputusan , 9-22.

Hartatik. (2013). Analisis dan Perancangan Seleksi Pemilihan. Analisis dan perancangan seleksi pemilihan pegawai , 35-39.

Mervin, A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik. Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik, 2, 45-51.

research. (2013, juli 3). belajara kerjasama tim. kerjasama, hal. 9-47.

wikepedia. (27, juni 2023). Artikel ini mengenai pengadilan negeri di Indonesia. Diambil kembali dari Pengadilan Negeri: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengadilan_Negeri

Angeline, M., & Astuti, F. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Ilmiah Smart, 45-51.

Handojo, dkk., 2003, Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan dan Perencanaan Karir Pada PT. X, Jurnal Informatika, 4(2), 101-105

Turban E., dan Aronson, J.E., 2000, Decission

Support System and Inteligent System, 6th Edition., Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.

Turban, E., Aronson, J.E., Liang., P.T., 2005,

Decision Support Systems and Intelligent Systems, Volume 1, Edisi ke-7, Dwi Prabantini, Andi, Yogyakarta


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v7i2.2316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.