Pengembangan Chatbot sebagai Pengenalan Objek Wisata di Selingkar Wilis Menggunakan Rule-Based

Syarifatul Ummah, Dwi Rolliawati, Anang Kunaefi, Andhy Permadi

Abstract


Kawasan Selingkar Wilis memiliki banyak objek wisata yang menarik, termasuk wisata alam, sejarah, dan budaya. Namun informasi mengenai wisata ini belum tersedia dengan lengkap dan mudah diakses oleh wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan chatbot yang dapat memberikan informasi mengenai objek wisata di sekitar Selingkar Wilis. Objek penelitian meliputi kawasan wisata yang tersebar di beberapa kabupaten, seperti Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek, Madiun, dan Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak Waterfall , yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Data diperoleh melalui wawancara dengan pengguna dan pemangku kepentingan , kemudian dirancang dalam bentuk diagram Unified Modeling Language (UML), termasuk diagram use case, diagram aktivitas, dan diagram kelas. Implementasi chatbot menggunakan rule-based dilakukan dengan menggunakan framework Django untuk backend dan MySQL sebagai database , serta Natural Language Processing (NLP) untuk memahami dan menanggapi input pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot mampu memberikan informasi objek wisata dengan kategori wisata alam, budaya, dan sejarah. Namun, chatbot masih memiliki keterbatasan dalam memahami input yang tidak terkait dengan "wisata". Persentase keberhasilan pengujian mencapai 72%, dengan beberapa skenario yang memerlukan perbaikan lebih lanjut, seperti menangani kesalahan penulisan dan input ambigu. Dengan demikian, chatbot ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman wisata pengguna dan mendukung perkembangan pariwisata di kawasan Selingkar Wilis. Pengembangan lebih lanjut disarankan, termasuk fitur multi bahasa dan penggunaan gambar sebagai respons untuk meningkatkan nilai tambah dalam memberikan informasi.


Keywords


Wisata, Waterfall, Unified Modeling Language (UML), Chatbot, Rule-based.

References


Almustaqim, A., & Toscany, A. N. (2022). Perancangan Sistem Chatbot Sebagai Virtual Assistant Pada Pt. Everbright Jambi. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, 5(2), 228–239. https://doi.org/10.36080/skanika.v5i2.2953

Cahya, N., Triayudi, A., & Benrahman, B. (2021). Implementasi Framework Codeigniter Pada Perancangan Chatbot Interaktif Menerapkan Metode Waterfall. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(1), 273. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2623

Harahap, D. W., & Fitria, L. (2020). Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow. J-ICOM - Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer, 1(1), 6–13. https://doi.org/10.33059/j-icom.v1i1.2796

Huberta, B., & Wijaya, A. B. (2023). Perancangan Chatbot Website Program Studi Informatika Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3225

Nugroho, I. S., & Voutama, A. (2024). Implementasi Chat Bot Untuk Pelayanan Pelanggan Yang Terintegrasi Web Toko Komputer. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 3132–3136. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9630

Pratama, N. Y. N., & Al Irsyadi, F. Y. (2021). Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 21(1), 64–71. https://doi.org/10.23917/emitor.v21i1.12123

Rabani Herdiansyah, H., & Voutama, A. (2024). Implementasi Chatbot Pada Aplikasi Sewa Kamera Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 4473–4477. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.9910

Rahayu, D., Mukrodin, M., & Hariyono, R. (2020). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Helpdesk Objek Wisata Dengan Permodelan Simple Reflex-Agent (Studi Kasus: Desa Karangbenda). Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 9(1), 7–21. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v9i1.1813

Sindy Nova, Nurul Khotimah, & Maria Y Aryati Wahyuningrum. (2024). Pemanfaatan Chatbot Menggunakan Natural Language Processing Untuk Pembelajaran Dasar-Dasar Gui Tkinter Pada Bahasa Pemrograman Python. Jurnal Ilmiah Teknik, 3(1), 58–65. https://doi.org/10.56127/juit.v3i1.1162

Syahrani, G., Sevira, S., & Yunizar Pratama Yusuf, A. (2024). Rancangan Chatbot Rekomendasi Coffee Shop Jabodetabek dengan Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, 7(1), 74–84. https://doi.org/10.36080/skanika.v7i1.3139

Yuhandri, Y., Sovia, R., Syaiffullah, A., Yenila, F., & Permana, R. (2023). Penerapan Natural Language Processing Pada Sistem Chatbot Sebagai Helpdesk Obyek Wisata Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Infortech, 5(2), 210–218. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20911


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v8i2.2978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.