Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Manfaat pada Buah-Buahan dan Sayuran berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.24269/jkt.v9i1.3228Keywords:
Augmented reality, Media, Pembelajaran, Buah dan Sayuran, AndroidAbstract
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan upaya pembinaan anak semenjak lahir hingga usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan agar memiliki kesiapan secara jasmani dan rohani saat memasuki pendidikan lebih lanjut,.tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan memperkenalkan aplikasi media pembelajaran berbasis AR yang efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami cara implementasi penggunaan marker buah dan sayur kedalam aplikasi berbasis AR dengan visualisasi 3D.Aplikasi ini dibuat menggunakan unity editor 2021, visual studio code,adobe ilustrator,Vuforia engine, dan Canva sebagai membuat marker buah dan sayur.Adapun metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Metodologi deskriptif yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana membuat aplikasi pengenalan buah dan sayur berbasis Augmented reality. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan metode pengujian dengan white box dan black box.Hasil implementasi aplikasi media pembelajaran dalam pengenalan manfaat buah dan sayur dengan menggunakan marker dan qr code sebagai alat ukur didapat bahwa siswa/i suka atau senang saat menggunakan aplikasi ini.References
Ahmad Apandi. (2022). Augmented Reality Maket Perumahan Mutiara Citayam Menggunakan Perangkat Lunak Unity. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 104–111. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.127
Fortuna, S., Purnamasari, A. I., & Dikananda, A. R. (2023). Game Edukasi Menyusun Kata Berbasis Android Dengan Metode MDLC Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Paud Wijaya Kusuma 1 Kota Cirebon. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(2), 61–65. https://doi.org/10.56854/jtik.v1i2.70
Khairani, R., Elvitaria, L., & Salamun, S. (2021). Augmented Reality Pengenalan Kompleks Perkantoran Kota Bagansiapisiapi Berbasis Andrioid. Explorer, 1(1), 38–44. https://journal.fkpt.org/index.php/Explorer/article/view/53
Lathifuddin, M., Nurhayati, A., & Patriasih, R. (2023). Pengetahuan “Buah Dan Sayur†Sebagai Hasil Penyuluhan Gizi Pada Siswa SD Yang Mengalami Obesitas Di Kota Bandung. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1),45–54.
Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i2.526
Rizal, M. R., Fari Katul Fikriah, & Husni Hidayat. (2023). Pengenalan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Di SMK NU Kesesi. Jurnal Pengabdian Masyarakat TEKNO, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.29207/jamtekno.v3i2.4668
Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I
Triwibowo, D. N., & Mangkunegara, I. S. (2024). Perancangan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Dan Anak Tentang Nutrisi Pada Buah-Buahan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 406–417. https://doi.org/10.51454/decode.v4i2.415
Wahyuddin, W., & Hasnawati, H. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pancasila Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Sintaks Logika, 3(3), 8–15. https://doi.org/10.31850/jsilog.v3i3.2579
Wafiah, A., Suwardoyo, U., & Syawal, F. (2021). Aplikasi Mendeteksi Jenis Harga Assesorieshandphone Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 26-32.