PERANCANGAN APLIKASI CETAKIN ANTERIN BERBASIS ANDROID

Agung Prasetya, Moh Bhanu Setyawan, Andy Triyanto

Abstract


Kebutuhan akan naskah atau dokumen berbentuk cetak bagi karyawan, pelajar dan mahasiswa masih tinggi dikarenakan berbagai keperluan yang mengharuskan mereka untuk membuat naskah dalam format yang diketik agar lebih naskah tersebut lebih formal (Prasetyo 2014). Pada era digital saat ini, hampir segala hal menjadi lebih bersifat praktis dan efisien dengan bermodalkan aplikasi yang ada dalam ponsel genggam (Ardi and Subchan 2015). Namun aplikasi khusus untuk percetakkan dan jasa pengantaran dokumen yang telah dicetak untuk daerah ponorogo belum dimanfaatkan sehingga dirasa perlu untuk melakukan perancangan aplikasi yang dapat membantu pemesan untuk mengirimkan file dokumen yang akan dicetak kemudian file hasil cetak tersebut diantarkan kembali ke alamat pemesan. Untuk melakukan pengujian aplikasi nantinya penulis akan menggunakan salah satu tempat percetakan yaitu Pass Copy and Printing. Kesimpulan dari perancangan aplikasi Cetakin Anterin berbasis android yang telah dilakukan yaitu: Aplikasi Cetakin Anterin yang telah dirancang dapat berjalan sesuai dengan perancangan yaitu pengguna dapat mencetak file tanpa harus datang dan antre di lokasi percetakan

Keywords


PERANCANGAN, CETAKIN, ANTERIN, FILE

References


Ardi, Bagus Kusuma, and Subchan. 2015. “Peranan Perkembangan Aplikasi Smartphone Terhadap Pelayanan Parbankan Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi 21(37): 1–14.

Chalid, Ibnu Rachman. 2009. “Aplikasi Audio Steganografi Teganografi Untuk Melindungi Data.” : 1–7.

Hartadi, Rudy, and Arief Hidayat. 2016. “Perancangan Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah (Studi Kasus : STMIK Provisi Semarang).” Jurnal Bianglala Informatika 4(1): 31–40.

Hasugian, Humisar. 2013. “Aplikasi Sistem Informasi Jasa Percetakan Pada CV. Dua Inspirasi.” : 2–4.

Herriyance, Handrizal, and Siti Dara Fadila. 2017. “Analisis Algoritma Rabin-Karp Pada Kamus Umum Berbasis Android.” Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JURASIK) 2(1): 64–74.

Idris, Iswandi, and Yuana Delvika. 2014. “Analisis Perancangan Sistem Informasi Terintegrasi Di Lingkungan Perguruan Tinggi Swasta Di Medan.” Jurnal Teknovasi 01(2): 15–26.

Kadesi, Wela, Muslima Hoiria, and Haviz Irfani. 2014. “Perancangan Aplikasi Pemesanan Barang Percetakan Pada CV Sumber Mas Paplembang.” : 1–6.

Kosasi, Sandy, and I Dewa Ayu Eka Yuliani. 2015. “Penerapan Rapid Application Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 6(1): 27.

Nuraini, Rini. 2015. “Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart.” Computer Science and Communications Dictionary 1(1): 144–51.

Prasetyo, Galih Dwi. 2014. “Sistem Aplikasi Pengaturan Layanan Percetakan Dokumen Di Perpustakaan Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java.”

Safarina, Muryati Dyah. 2014. “Komparasi Effectiveness Dan Efficiency Pada Usability Testing Menggunakan Eye Tracking Dan Kuesioner Pada Website Jobsbd.”

Saputro, Galih Bowo, and Kasmi. “Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Percetakan Biru Langit.”

Sinsuw, Alicia, and Xaverius Najoan. 2013. “Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android.” : 1–10.

Syahputra, Abdul Karim, and Edi Kurniawan. 2018. “Perancangan Aplikasi Pemesanan Dan Pembayaran Berbasis Desktop Pada Percetakan UD. Azka Gemilang Menggunakan Metode Prototype.” 9986(September).

Utomo, Aryo Nur, and Muhammad Alfaridzi. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Pada Percetakan CV Citra Kencana Jakarta Timur Berbasis WEB.” 7(1): 43–47.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/jkt.v4i1.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.