UPAYA GURU QUR’AN DAN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TALAQQI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Desi Avidatus Sholehah, Nurul Iman, Lilis Sumaryanti

Abstract


Ditengah pandemi Covid-19, upaya guru memotivasi siswa untuk belajar diMadrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu diterapkannya metode talaqqi supaya peserta didik mampu membaca lancar dalam memahami isi Qur’an dan Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif deskriftif, sumber data diperoleh dari  teknik observasi, wawancara dan dokumetasi. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman meliputi Reduksi data,  Penyajian data, kesimpulan dan validasi data. Hasil penelitian upaya guru Qur’an dan Hadis dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa melalui metode talaqqi Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah mampu meminimalisir peserta didik yang belum bisa membaca Qur’an menjadi bisa membaca.

Keywords


Kata Kunci: Guru Qur’an dan Hadis; Meningkatkan Hasil belajar siswa; Metode talaqqi.

References


Ar-Ruzz Media.Aqib, Z. (2017). “PTK Penelitian Tindakan Kelas TK/RA - SLB/SDLB”.

Anwar, I. (2010). “Ruang Lingkup Pembelajaran Al-Qur’an Hadis”.

Daradjat, Z. (1995). “Metode Khusus Pengajaran Agama Islam”. Jakarta: Bumi Aksara.

Keliobas, M. (2019). “Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas Vii Di Mts Al-Anshor Ambon”. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2019

Maulidah, F. (2018). “Pengaruh Hafalan Dengan Menggunakan Metode Talaqqi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI Madrasah Aliyah Masyhudiyah Kebomas Gresik”. Malang: SKRIPSI Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Saekan, M. (Volume 12, Nomor 1, Februari 2017). “Ideologi Kemanusiaan Dalam Pendidikan Agama Islam”. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Hal. 141 - 163.

Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian dan Pengembangan”. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S. (2016). “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, M. (2021). “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Membina Program Tahfiz Man 12 Jakarta”. Jakarata: Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (Pai) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (Iiq) Jakarta.

Susianti, C. (Volume 2, Nomor 1, 2016). “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini”. Jurnal: Tunas Siliwangi.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id Diakses: 26 Januari 2022 hal.1-19

Undang-Undang Republik Indonesia, “Sistem Pendidikan Nasional”. 2003

Wiradinata. (2019). “Guru Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan”, An-Nizom Volume 4, Nomor 1, Edisi April,2019

Sisdiknas. “Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003”. Jakarta : Sinar Grafika 2009. hal. 5

Jazuli. (2019). “Keteladanan Guru Dalam Perspektif Pandangan Al-Qur’an Dan Al-Hadis Melalui Implementasi Kurikulum 2013”. al-Afkar: Journal for

husni, Harsono, Yustina. (2020).“ Persepsi Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Mts Negeri Ambon”. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 2, Nomor 2, Januari 2020 hal. 1-19

Hidayati Wiji. (2012). “Pengembangan Kurikulum”. Yogyakarta: Pedagogia hal.125

Mulyasa. (2016). “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung: Remaja Rosdakarya. hal.65

Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 165. (2019). “Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah”. hal.49

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. edisi tiga Cet. 2: Jakarta: Balai Pustaka. hal.17

Al Munawar S. (2003). “Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam” Cet.1: Jakarta: Ciputat Press. hal.4

Anwar Ibrahim. (2010). “Ruang Lingkup Pembelajaran Al-Qur’an Hadis”. Jakarta: Sinar Grafika. hal. 78

Makhyaruddin. (2016). “Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an”. Jakarta: PT. Mizan Publika. hal. 85

Imana Yudi. (2009). “Sudah Baik dan Benarkah Al-Qur’anku Panduan Tahsin/Tajwid Sistem Metode Asyarah”. Khazanah Intelektual

Moleong, Lexy J. (2007). “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT.Remadja Rosdakarya. hal. 24

Widyawati Ferina. (2021). “Manajemen Team Teaching di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo”. Ponorogo: SKRIPSI Program Studi Pendidikan Guru Ibtidaiyah UNMUH Ponorogo, 2021.

Iskandar. (2008). “Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial”. Jakarta: Gaung Prasada Press. hal. 76-78

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2016). “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hal. 221


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v6i2.1395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.