CARA MENDIDIK ANAK DALAM KELUARGA MENURUT SURAH LUQMAN AYAT 13-15 PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR
Abstract
Penelitian ini membahas tentang cara mendidik anak dalam keluarga menurut Surah Luqman ayat 13-15, dengan perspektif tafsir Ibnu Katsir. Dalam penelitian ini, digunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Studi pustaka dipilih untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai cara mendidik anak dalam keluarga menurut Surah Luqman ayat 13-15. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mendidik anak dalam keluarga menurut Surah Luqman ayat 13-15 perpektif Tafsir Ibnu Katsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luqman Al-Hakim mendidik anaknya dengan cara memberikan beberapa nasihat yang sangat bijaksana dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang. Pelajaran pertama yang ia berikan kepada putranya adalah pendidikan tauhid, yang berkenaan dengan aqidah, kemudian Luqman menasihati putranya untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua, terutama ibu karena jasanya yang begitu besar kepada seorang anak, dan yang terkahir larangan untuk mengikuti perbuatan syirik walaupun atas perintah dan paksaan dari kedua orang tua, walau begitu seorang anak tetap memiliki kewajiban untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang tuanya.
Keywords
References
Adilla, Ulfa. “Analisis Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Menurut Islam dalam QS. Luqman.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 3, no. 3 (2020): 309–14. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.309-314.
Adrian, and Muhammad Irfan Syaifuddin. “Peran Orang Tua sebagai Pendidik Anak dalam Keluarga.” Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 3, no. 2 (December 31, 2017): 147–67. https://doi.org/10.32923/edugama.v3i2.727.
Agus, Zulkifli. “Pendidikan Akhlak Anak dalam Keluarga Menurut Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 2, no. 1 (June 17, 2017): 1–20. https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.11.
Ahsan, Amrul Aysar. “Pembinaan Anak dalam Surah Luqman Ayat 13-17.” AL-ASAS Jurnal Ilmiah Ilmu Dasar Keislaman 4, no. 1 (2020): 54–68heru.
Alam, Lukis. “Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Keluarga (Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman).” Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman 6, no. 2 (January 2, 2017): 162. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n2.2016.162-1816.
Erzad, Azizah Maulina. “Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 2 (July 10, 2018): 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483.
Fahrezi Yusron Huda, Eko Surbiantoro, and Dewi Mulyani. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak terhadap Orang Tua dalam Q.S Luqman Ayat 14.” Bandung Conference Series: Islamic Education 1, no. 1 (December 7, 2021): 1–10. https://doi.org/10.29313/bcsied.v1i1.50.
Janna, Sitti Riadil. “Konsep Pendidikan Anak dalam Perspektif Al-Ghazali (Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam).” Jurnal Al-Ta’dib 6, no. 2 (2013): 41–55. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.822.
Maulidah, Evi. “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Al-Qur’an dalam Kajian Tafsir Maudhu’i.” Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (June 30, 2021): 170–82. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.170-182.
Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Dr. Abdullah bin. Tafsir Ibnu Katsir. 6th ed. 13. Jakarta: Pustaka Imam Asy Syafii, 2010.
Mustofa, Ghufron Effendi. “Nilai Pendidikan dalam Surat Luqman Ayat ke 12 sampai ke-19 dalam Kitab Tafsir Al Misbah.” Jurnal Ilmiah Studi Islam 15, no. 1 (2015): 62–80.
Nufus, Fika Pijaki, Siti Maulida Agustina, Via Laila Lutfiah, and Widya Yulianti. “Konsep Pendidikan Birrul Walidain dalam QS. Luqman (31): 14 dan QS. Al – Isra (17) : 23-24.” Jurnal Ilmiah Didaktika 18, no. 1 (May 2, 2018): 16. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3082.
Nurrita, Teni. “Pendidikan Anak dalam Konsep Islam.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 6, no. 1 (June 30, 2021): 157. https://doi.org/10.33511/misykat.v6n1.157-170.
Rohmawati, Anisa, and Ronny Mugara. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an dalam Tafsir Ibnu Katsir.” JURNAL CERIA (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF) 3, no. 3 (2020): 227–36. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p%25p.
Sada, Heru Juabdin. “Konsep Pembentukan Kepribadian Anak dalam Perspektif Al-Qur’an (Surat Luqman Ayat 12-19).” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2fahr (2015): 253–72. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1517.
Sarudin, Dharmawati, and Sahmiar Pulungan. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Alquran (Kajian terhadap Surat Luqman Ayat 12-15).” Wahana Inovasi 9, no. 2 (2020).
Siregar, Fitri Rayani. “Metode Mendidik Anak dalam Pandangan Islam.” Forum Paedagogik 8, no. 2 (2016): 107–21. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v8i2.577.
Sukatin, Elis Elis Rahmayeni Zulhizn, Siti Tasifah, Nova Triyanti, Dina Auliah, Indah Laila, and Siti Patimah. “Pendidikan Anak dalam Islam.” Jurnal Pendidikan Anak Bunayya 6, no. 2 (2019): 185–205. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7345.
Suryani, Cut. “Konsep Pendidikan Keluarga dalam Surat Luqman Ayat 12-19.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 1 (August 1, 2012). https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.468.
Syukri, Ahmad. “Pendidikan Anak dalam Islam” 12, no. 1 (2015): 50–59.
Taubah, Mufatihatut. “Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2016): 110–36. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136.
Yusuf, Muhammad. “Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Surah Luqman.” Progresiva : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (July 30, 2019): 48. https://doi.org/10.22219/progresiva.v8i1.8929.
Zubaedy, M. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13-19.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (June 20, 2019): 135–50. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.182.
DOI: 10.24269/tarbawi.v1i1.2113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.