KOMPARASI TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH DITINJAU DARI PENDIDIKAN IBU

Nisaul Adillah* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Nurhenti Dorlina Simatupang -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/tarbawi.v1i2.2158

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak di sekolah berdasarkan pendidikan ibu. Populasinya adalah 80 anak TK A. Sampel juga berjumlah 80 anak TK A. Jenis penelitiannya adalah penelitian komparatif analitik. Metode pengumpulan data adalah kuesioner tertutup. Uji validasi dilakukan oleh ahli dan uji validitas dilakukan dengan uji coba instrumen hasilnya valid tiap butir instrumennya. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Cronbach Alpha dan menghasilkan nilai 0.962 > nilai yang ditetapkan 0.60 sehingga datanya reliabel. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0.916 > nilai probabilitas 0.05, artinya variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Data juga dianalisis dengan uji hipotesis komparatif one-way anova yang menghasilkan nilai signifikansi 0.360 > 0.05 artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Simpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kemandirian anak di sekolah ditinjau dari pendidikan ibu.

Keywords
Kemandirian anak; pendidikan ibu; anak usia dini
  1. Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590
  2. Ifalahma, D. & Hikmah, N. (2019). Korelasi Kesiapan Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia 18-36 Bulan. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 9 (1), 68–73.
  3. Kurniazuhroh, F., & Adhe, K. R. (2019). Pengembangan Buku Panduan Menjahit Bagi Guru Taman Kanak-Kanak di Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai, 8(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/28504
  4. Lestari, G. D., Adhe, K. R., Al Ardha, M. A. (2019). The Culture of Parenting Indonesian Tribes in the Habituation of Children ’ s Character. Atlantis Press, 303, 77–80.
  5. Lestari, N. A. & Simatupang, N. D. (2020). STUDI DESKRIPTIF PENANGANAN GURU MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DALAM AKTIVITAS BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTINI BOJONEGORO. 1–6.
  6. Mas’udah, N. F. F., & Widayati, S. (2021). Hubungan pembelajaran online dengan disiplin anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Lamongan. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Education, 9(1), 21–38. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf
  7. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
  8. Parhan, M. (2020). Aktualisasi Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dan Utama Bagi Anak Di Era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.193
  9. Subagyo, A. M. (2021). Relevansi Nilai Moral Sosial dalam Serial Animasi Go Astroboy Go dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JP2KG AUD, 2 (1), 31–40.
  10. Suroyya, D. A., Widayati, S., Adhe, K. R., Saroinsong, W. P., & Puspitasari, T. (2022). The relationship between youtube game content and politeness in children’s language Dewi. Al-Athfaal: Jurnal Imiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 130–139. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
  11. Syaiful, Y., Fatmawat, L., & Nafisah, W. M. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. In Journal of Ners Community (Vol. 11, Issue 2, pp. 216–227). https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v11i2.1134
  12. Yuanita Syaiful, Lilis Fatmawati, W. M. N. (2020). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH. Journals of Ners Co,,Unity, 11, 216–227.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-07-04
Published: 2024-05-15
Section: Articles
Article Statistics: