PENGARUH MEDIA GAME CHILD INDONESIAN CULTURE (CICU) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran Game Child Indonesian Culture (CICU) terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Saat ini, media pembelajaran literasi budaya pada anak usia dini masih terbatas pada media pembelajaran yang bersifat konvensional yang tidak memberikan hasil optimal bagi anak. Padahal kemampuan literasi budaya pada anak usia dini penting untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, sehingga anak mampu mengahargai keberagaman bangsa dan tetap mempertahankan perilaku sopan dan santun sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design ; yaitu model Non Equivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian sebanyak 42 anak yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui teknik observasi. Untuk memastikan data penelitian, dilakukan pengujian konsistensi menggunakan metode Metode interrater reliability dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Analisis data dengan menggunakan teknik Independent sample T test dalam penelitian ini diketahui nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) kurang dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Game Child Indonesian Culture (CICU) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Game Child Indonesian Culture (CICU) dapat menjadi alternatif yang efektif dan menarik dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya pada anak-anak kelompok B di TK Labschool Unesa.
Keywords
References
Alfiah Nur Afifah, Sri Widayati, Muhammad Reza, Mallevi Agustin Ningrum, A. N. (2022). ANALISA PENGGUNAAN APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI PAUD PADA MASA PANDEMI COVID-19. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 141–154.
Alkhudiry, R. (2022). The Contribution of Vygotsky ’ s Soci ocultural Theory in Mediating L2 Knowledge Co- Construction. Academy Publication, 12(10), 2117–2123.
Anshari, M., & Almunawar, M. N. (2022). Adopting open innovation for SMEs and industrial revolution 4.0. Journal of Science and Technology Policy Management, 13(2), 405–427. https://doi.org/10.1108/JSTPM-03-2020-0061
Apriliani, F. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU PAUD. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 3(1), 67–86.
Balkis, R. R., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 8(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/paud-teratai/article/view/29636/27149
Fitri, R., Mustaji, M., & Bachri, B. (2018). Numeric toys media: introducing number sense in early childhood with movement and multisensory cards. 173(Icei 2017), 269–271. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.70
Fitri, R., Reza, M., & Agustin Ningrum, M. (2020). Instrumen Kesiapan Belajar: Asesmen Non-Tes Untuk Mengukur Kesiapan Belajar Anak Usia Dini Dalam Perspektif Neurosains. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 1(1), 17–32. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/view/8615
Hasan, M. A., & Nasution, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pembuatan Web Blog Berbasis Web Menggunakan HTML5. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 3(1), 68. https://doi.org/10.35314/isi.v3i1.362
Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Information & Communication Technology in Shaping Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
Ika, N., Rakhmawati, S., Mardliyah, S., Fitri, R., & Laksono, K. (2022). Pengembangan Learning Management System ( LMS ) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1), 107–118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234
Khotimah, N., Aisyah, R., Fitri, R., & Riyanto, Y. (2020). Developing Educational Game Tools of JUMOFAN (Fantasy Jumanji Modification) to Enhance the Begining Literacy Ability to the Children of 4–5 Years Old. 491(Ijcah), 303–307. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.054
Laar, E. Van, Deursen, A. J. A. M. Van, Dijk, J. A. G. M. Van, & Haan, J. De. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills or literacy: A systematic literature review. The Relation between 21st-Century Skills and Digital Skills or Literacy A Systematic Literature Review. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010
Lestari, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis ICT sebagai Pengembangan Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 1 NagriKidul Purwakarta Primanita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Lisnawati, I., Al, U., & Indonesia, A. (2020). KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK : TINJAUAN PADA. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 1(1), 55–70.
Maisarah, Try Annisa Lestari, S. S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65–75.
Nurrisa, T. M., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Pendahuluan Anak usia dini dengan rentang usia 0-6 tahun berada di tahap perkembangan yang. 172–183.
Prawanti, A. A., Reza, M., & Psi, S. (2019). Pengaruh Media KOPIMAS (Kotak Pintar Masjid) dalam Pemahaman Sedekah pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Islamiyah Surabaya. Jurnal Mahasiswa UNESA …, 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/28515%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/28515/26093
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2019/27__Aprilia_Riyana.pdf
Tondeur, J., Braak, J. Van, & Valcke, M. (2007). Curricula and the use of ICT in education Two worlds apart? British Journal of Educational Technology, 38(6), 962–976. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2006.00680.x
Trisyanti, U., & Prasetyo, B. (2018). Revolusi Industri dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0,” 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Vasileva, O., & Balyasnikova, N. (2019). (Re)introducing vygotsky’s thought: From historical overvi
Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n1.p14-18
Wijayanti, E., Wanabuliandari, S., & ... (2021). Pengembangan Aplikasi Android Apacintaku Sebagai Alat Assessment Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Keunggulan Local Kudus …. Martabe: Jurnal …, 4, 571–579. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/3428
gajdamaschko, m. c. (2007 ). The Cambridge Companion to Vygotsky. Cambridge: Cambridge University Press.
Krisyantono. (2020). Teknik Praktisriset Komunikasi Kuantitatif dan kualitatif Disertasi Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.
Prof. Dr. S. Eko Putro Widoyoko, M. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian . Yogyakarta.
Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN QUANTITATIF. Bandung: ALFABETA, cv.
Wildoms, M. W. (2023). Peran ICT Dalam Pendidikan Tinggi. Indramayu: Penerbit Adab.
DOI: 10.24269/tarbawi.v1i1.2170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.