INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MAMBAUL HIKAM TEGALMOJO TEGALSIWALAN PROBOLINGGO

Rizaqil Ardillah

Abstract


Keragaman Indonesia menjadi kekayaan sekaligus berkah bagi bangsa Indonesia. Kemajemukan ini terlihat dari beragamnya agama yang dianut penduduknya. Salah satu agama yang diakui Pemerintah Republik Indonesia secara resmi, yaitu Islam. Agama menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, apalagi di era industry ini agama menjadi kebutuhan yang vital. Seiring dengan eksistensinya, banyak masyarakat yang terlalu fanatic dengan agama nya sendiri sehingga muncul istilah ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian (hate speech), yang berakibat retaknya hubungan antarumat beragama. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam mulai terindikasi kemungkinankemungkinan munculnya paham-paham radikal (mendasar). Untuk itu, dalam membentuk santri yang moderat terhadap agamanya, perlu memasukkan moderasi beragama dalam kurikulum pesantren demi meminimalisir adanya paham yang radikal. Sehingga para santri mampu membentengi dengan upaya yang dilakukan pesantren untuk menanamkan karakter atau prinsip-prinsip cara beragama yang moderat. Maka dengan internalisasi moderasi beragama pada kurikulum pesantren mampu menjawab kebutuhan yang saat ini menjadi problematika masa kini yaitu ekstrimisme dan radikalisme.


Keywords


internalisasi; moderasi beragama; kurikulum pesantren

References


Abdullah, Mukhammad, Kota Kediri, and Jawa Timur. “Mengurai Model Pendidikan Pesantren Berbasis Moderasi Agama : Dari Klasik Ke Modern” 2, no. November (2019): 55–74.

Al-falah, D I Pondok Pesantrensalaf, and Nurwadjah Ahmad. “NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA,” no. Kawangung 2019 (n.d.): 43–51.

Asrori, Saifudin. “Lanskap Moderasi Keagamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren” 1, no. 1 (2020): 16–26.

Beragama, Nilai-nilai Moderasi, Dalam Mata, and Pelajaran Pai. “Dewi Qurroti Ainina Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang , Indonesia Abstrak Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan Vol . 16 , No . 2 Maret - April 2022 Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan Vol . 16 , No . 2 Maret - A” 16, no. 2 (2022): 3–4.

Di, Islam, and E R A Generasi. “Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam Di Era Generasi Milenial” VIII, no. 1 (2019): 36–62.

Ekonomi, Jurusan, Syariah Fakultas, Universitas Sultan, Ageng Tirtayasa, Syihabudin Said, Si Jurusan, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi, Universitas Sultan, and Ageng Tirtayasa. “PENANAMAN NILAI MODERASI ISLAM DAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN SALAFI JAMI ’ ATUL IKHWAN Imam Ghazali , Imam Nawawi , Jalaludin” 6 (2020): 43–58.

Fanan, M Athoiful, Islam Malang, Islam Negeri, Maulana Malik, Ibrahim Malang, Sekolah Tinggi, Agama Islam, An Najah, and Indonesia Mandiri. “Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta ’ Lim Ma ’ Hadi Di Pesantren Mahasiswa” 7, no. 1 (2020): 32–45.

Ibad, Muh Ariful. “Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf” 4, no. November (2021): 263–278.

Islam, Universitas, Negeri Sunan, and Gunung Djati. “INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF” 04, no. 02 (2021): 1–10.

Ismail, Luhfiansah Hadi. “Moderasi Beragama Di Lingkungan Pesantren: Pengalaman Pesantren Di Bandung Barat, Jawa Barat.” Definisi: Jurnal Agama dan Sosial-Humaniora 3, no. 2 (2022): 29–44.

Khotimah, Husnul. “INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2020).

Muhaini. “Internalisasi Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Sistem Pendidikan Dayah Tradisional Di Kota Langsa. (Studi Kasus Di Dayah Tradisonal Raudhatun Najah Kota Langsa).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 861–876.

Nurdin, Ali, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2019): 82–102.

Pendidikan, Eksistensi, Pesantrean Di, Lingkungan Non, Muslim Tionghoa, and Miftachur Rohmah. “Eksistensi Pendidikan Pesantrean Di Lingkungan Non Muslim Tionghoa Miftachur Rohmah, Moh. Yasir Alimi” 10, no. 1 (2021): 130–144.

Pendidikan, Konsep, Moderasi Beragama, and A Fajar Awaluddin. “Konsep Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Al Quran.” Jurnal Al Wajid 2, no. 1 (2021): 379–389.

Penulis, T I M. No Title, n.d.

Purwanto, Yedi, Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifatanini, and Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Internalizing Moderation Value Through Islamic Religious Education.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 110–124.

Ritonga, Apri Wardana. “Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi the Concept of Internalizing the Values of Religious.” al-Afkar, Journal for Islamic Studies 4, no. 1 (2021): 72–82.

Sayyi, Ach. “PENDIDIKAN ISLAM MODERAT (Studi Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat Di Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa Dan Pesantren Annuqayah Daerah Latee Guluk-Guluk Sumenep).” Disertasi: Unisma Malang (2020).

Sma, D I, M A Arif, Sukatani Kec, and Amatan Kalianda. “MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMA MA ’ ARIF 1 SUKATANI KEC AMATAN KALIANDA KABUPATEN” (2021).

Studi, Pesantren, D I Iai, Al-qodiri Berbasis Pondok, and Al-qodiri D I Kabupaten Jember. “1 . 2 ,” 19, no. 85 (2022): 797–807.

Timur, Kalimantan. “Moderasi Pendidikan Pesantren Di Kalimantan Timur” 23, no. 1 (2020): 95–105.

Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Model Pembelajaran Bahtsul Masail Untuk Membangun Moderasi Beragama” 9, no. 2 (2021).

Zakariyah, Zakariyah, Umu Fauziyah, and Muhammad Maulana Nur Kholis. “Strengthening the Value of Religious Moderation in Islamic Boarding Schools.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2022): 20–39.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v1i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.