KOMPETENSI MORAL AGAMA ANAK USIA DINI BERDASARKAN TEORI KECERDASAN RUHANIAH
Abstract
Keywords
References
al-Isfahani, al-Raghib . Mu’jam Mufradat al Fadl Al-Qur’an, Beirut: Dar el-fikr,1972,hal 396
Azmar, Saifuddin . Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001, hal.5
Fauziddin, Moh. “Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TKIT Nurul Islam Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur).” Jurnal PAUD TAMBUSAI Vol.2 No.2, no. Research&Learning in Early Childhood Education (2016): 8–17.
Fitriyah, Implimentasi Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladan Di TK Al-Muhsin, Vol.1 No.1, Juni 2019, hal.1-7
Hamdani dan Budiharto, Konseling Dan Psikoterapi Islami untuk Menangani Masalah Mahasiswa Korban Bencana Tsunami Nanggroe Aceh Darusalam Di Yogyakarta.API. Proceeding Temu Ilmiah Nasional I Psikologi Islami, Isu-Isu Kontemporer Psikologi Islami, Teori, Riset, dan Aplikasi, Yogyakarta : Asosiasi Psikologi Islami dan Universitas Islam Indonesia,2005, hal.125
Insani, Ayu Puspita. “PENERAPAN METODE BERNYANYI RELIGI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK BERUSIA 5-6 TAHUN DI TK ANANDA KANDIS KAMPUNG KANDIS KECAMATAN KANDIS,” t.t.
Katman,dkk. “Peta Mutu PAUD di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020,” 2020. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/bukuelektronik/baca/peta-mutu-paud-di-masa-pandemi-covid-19-tahun-2020.
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal,dan Informal Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. Bahan Ajar Pemahaman Kurikulum PAUD Jakarta: Direktur Jenderal PAUDNI, 2013
Khomsiyatin, Khomsiyatin, Nurul Iman, dan Ayok Ariyanto. “Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo.” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (1 Agustus 2017). https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1444.
Hasan Purwakania, Aliah B. Psikologi Perkembangan Islami. Menyingkap rentang Kehidupan Manusia dari Pra Kelahiran hingga Pasca Kematian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2006
Hidayat, Otib Satibi, “Metode Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Anak”, Tangerang Selatan, Universutas Terbuka, 2015, hal. 5.5-5.11
Hurlock, Elizabeth . Psikologi Perkembangan Jilid 2, Jakarta: Airlangga 1991
Jaberia, Fadhilla Dwi Yanti Mulyono, Eka Damayanti, Aeni Tasnim, dan Erwin Syarif. “PENGEMBANGAN NILAI AGAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI.” NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education Volume 5 Nomer 1, Juni 2022 (t.t.).
Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta:Yayasan Bogor Indonesia, 2004, hal.3
Mukhtar, dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini;Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana, 2016
Pengembang, Tim. “KERANGKA DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,” 2007, 10
Purwanto,Y. (2003).Spiritual Quotien dan Pendidikan Ruhaniyah. Buku Kenangan Kongres API 1 Hal. 74-786.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
PUSKUR, Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2002.”
Ramayulis,Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulya. 2005. Hal.103
Safitri, Latifah Nurul, dan Hafidh ‘Aziz. “Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 1 (5 April 2019): 85–96. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08.
Sholichah, Aas. “Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah dalam Perspektif al-Qur’an.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman 1 (14 Oktober 2019): 69–86. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.11.
Suyadi dan Ulfah M, Konsep Dasar PAUD, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2013
Suyanto dkk, Bermain dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka, 2003
Tasmara, Toto. Kecerdasan Ruhaniah (Trancendental Intelligence), Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional, dan Berakhlak. Jakarta : Gema Insani Press, 2001
Tim Penyusun, Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia (Menu Pembelajaran Generik), Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia, Depdiknas, 2002.
Ulwan, Abdulloh Nashih. Pendidikan Anak Menurut Islam. Bandung : Rosda Karya. 1992. Hal.60
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaanya, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003
Warsono Munawar, Ahmad. Kamus Arab Indonesia al-Munawir, Surabaya: Pustaka Progresif, 1997 cet-14, hal.1062.
Zaskia DP, Anggi dan Bambang Sugianto, Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B1 TK Mutiara Hati Kendari, Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, Vol.1 No.2, Juli 2018, hal.64-69
DOI: 10.24269/tarbawi.v1i2.2425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.