STRATEGI PENGEMBANGAN SDM MELALUI KOMUNITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI UPT SDN 1 GUNUNG AGUNG

Hendri Gumono, Salamun Salamun

Abstract


Latar belakang masalah di dalam artikel ini adalah perlunya menganalisis strategi pengembangan profesionalisme guru sekolah dasar melalui komunitas belajar. Tujuan artikel ini adalah untuk pengembangan profesionalisme guru di sekolah dasar melalui komunitas belajar. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara kepada beberapa guru. Prosedur penelitian melibatkan wawancara terstruktur dengan guru terkait pengembangan profesionalisme, serta pengumpulan dan analisis data. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa strategi pengembangan profesionalisme guru melalui komunitas belajar, Tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya pelatihan, dan pembelajaran metode yang baru. Sebagai saran, diperlukan dukungan dan kerjasama antara pihak sekolah, pemerintah, dan pemangku kepentingan untuk memastikan pemanfaatan komunitas belajar yang sudah terbentuk baik pada sekolah maupun tingkat kecamatan agar berfungsinya komunitas belajar dan dapat meningkatkan profesionalisme guru khususnya pada tingkat sekolah dasar.

Keywords


Profesionalisme; Guru; Komunitas Belajar

References


Armstrong, M. (2021). Armstrong’s handbook of human resource management practice (15th ed.). Kogan Page.

Dessler, G. (2020). Human resource management (15th ed.). Pearson Education.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2020). Professional capital: Transforming teaching in every school. Teachers College Press.

John P. Wilson (2021). Collaborative learning for HR development. International Journal of Training and Development.

Khan, A. (2021). Pendidikan dasar: Konsep dan implementasinya.

Moet Moet Myint Lay (2022). The impact of professional learning communities on teacher collaboration and professional development. International Journal of Educational Research.

Nurhasan. (2022). Profesionalisme guru: Konsep dan implikasinya dalam pendidikan dasar.

Sarah Alves, Edouard Thiebaut (2020). Building organizational learning culture through communities of practice. Journal of Workplace Learning.

Seo Kyoung Hye (2020). Developing teacher professionalism through collaborative communities. Journal of Education and Practice.

Shulman, L. S., & Shulman, J. H. (2021). The wisdom of practice: Essays on teaching, learning, and learning to teach. Jossey-Bass.

Suryani, & Rahmawati. (2024). Wawancara sebagai alat pengumpul data dalam penelitian kualitatif.

Wahyudi, A. (2023). Pendidikan berbasis komunitas: Konsep dan implementasi.

Zakirman, Z., et al. (2023). Penilaian dan evaluasi dalam pendidikan dasar: Tantangan dan solusinya.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/tarbawi.v9i2.3217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.