HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU POST PARTUM DENGAN PERILAKU PERAWATAN PAYUDARA

Suci Dewi Citrawati, Hery Ernawati, Metti Verawati
DOI: 10.24269/hsj.v4i1.404

Abstract


Perawatan payudara pada masa nifas dan menyusui sangat penting pada proses pemberian ASI. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan payudara adalah pengetahuan ibu post partum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu post partum dengan perilaku perawatan payudara di Ruang Nifas RSU Muslimat Ponorogo. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampelnya berjumlah 60 ibu post partum  dengan teknik purposive sampling. Variabel independent yaitu pengetahuan ibu post partum variabel dependent yaitu perilaku perawatan payudara. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan ceklist perawatan payudara. Teknik pengolahan data menggunakan Editing, Coding, Scoring, Tabulating serta uji statistik menggunakan  Chi Square test. Hasil penelitian ini didapatkan dari 60 responden, hampir setengah yaitu  41,6% mempunyai pengetahuan dan perilaku yang buruk dan sisannya yaitu 28% mempunyai pengetahuan dan perilaku yang baik. Uji statistik Chi Square menunjukkan bahwa nilai p = 0,003 < a (0,05) sehingga H1 diterima. Kesimpulannya ada hubungan pengetahuan ibu post partum dengan perilaku perawatan payudara. Hasil penelitian ada hubungan pengetahuan ibu post partum dengan perilaku perawatan payudara


References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arini PA. 2014. Aplikasi Metodologi penelitian Kebidanan dan reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika

Ayuprawita & Marda Salima. 2018 Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu nifas tentang perawatan payudara dengan pelaksanaan di Klinik Pratama Niar Medan. Jurnal Bidan Komunitas Prodi D4 Kebidanan.http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jbk Fakultas Farmasi dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia, Medan

Bagaskoro. 2019. Pengantar Teknologi Informatika Dan Komunikasi Data. Yogyakarta : Deepublish ( Grup Penerbit CV Budi Utama).

Batubara, A. marini, T dan Pulungan, F. 2017. The Effectiveness of The Technique of Secreting Breast Milk on Breast Milk Production in Post partum Women. Health Nations. Volume 1 issue 3 (July-September 2017)

Bungin, B. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Dahlan, S. 2010. Besaran Sampel dan Cara Pengambilan Sampel Dalam Pendidikan Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Handayani, EPW. 2016. Asuhan Holistik Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Trans Medika.

Hidayat. 2014. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

H.Rosyantil. 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Perawatan Payudara. Kebidanan.; Jakarta Timur.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kumalasari, I. 2015. Panduan Praktik Laboratorium Dan Klinik Perawatan Antenatal, Intranatal, Postnatal, Bayi Baru Lahir, Dan Kontrasepsi. Jakarta : Salemba Medika.

Kusumasari A.R. 2014. Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Nifas Tentang Perawatan Payudara RSUD Karanganyar Surakarta. Kebidanan.; Surakarta.

Maritalia, D. 2012. Asuhan Kebidanan Nifas Dan Menyusui. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Marliandiani, Y dan Puspita, N. 2015. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas Dan Menyusui. Jakarta : Salemba Medika.

Maulana D J Heri. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC.

Meihartati, T. 2017. Hubungan Antara Perawatan Payudara Dengan Kejadian Bendungan ASI Pada Ibu Nifas Di Poskesdes Sumber Baru Kecamatan.

Nai Angla Firmina. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta.

Nasrudin Juhana. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Panca Terra Firma.

Saryono, Anggraeni D. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Nuha

Medika.

Sumantri Arif. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Kencana


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.