PENGARUH TEKANAN EKSTERNAL, KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, DAN KOMITMEN MANAJEMEN TERHADAP PENERAPAN TRANSPARANSI PELAPORAN KEUANGAN

Karina Dwi Pradita, Arif Hartono, Ardyan Firdausi Mustoffa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari tekanan eksternal, ketidakpastian lingkungan, dan komitmen manajemen terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Fokus penelitian ini adalah pada pemerintah daerah sehingga responden yang digunakan untuk penelitian ini yaitu pegawai yang bekerja di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Ponorogo yang menjabat sebagai kepala bagian keuangan, bendahara dan staf pembantu bandahara, dengan total responden sebanyak 153 orang di 51 kantor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunaan instrumen berupa kuisoner yang diantar langsung kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan alat analisis (software) yang digunakan yaitu SPPS versi 23 untuk mengolah data jawaban dari responden.selain analisis regresi linier berganda, penelitian ini juga menguji statistik deskriptif, validitas, reliabilitas, uji t, uji F dan uji kpefisien determinasi. Hasil dari pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa tekanan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Sehingga apabila tekanan eksternal yang semakin meningkat akan mengakibatkan penerapan transparansi pelaporan keuangan di SKPD Kabupaten Ponorogo menjadi semakin tinggi. Hasil hipotesis yang kedua memperlihatkan bahwa ketidakpastian lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Maka transparansi pelaporan keuangan yang sudah diterapkan secara meluas akan berakibat pada lingkungan disekitar SKPD yang semakin tidak pasti, sehingga SKPD Kabupaten akan berupaya agar lingkungan disekitarnya tetap stabil. Hasil hipotesis yang terakhir adalah komitmen manajemen dapat mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Sehingga transparansi pelaporan keuangan yang telah diterapkan dengan sangat luas juga dibarengi adanya komitmen manajemen yang tinggi dari SKPD Kabupaten Ponorogo.


References


Amelia, R. 2015. Pengaruh Pengendalian Internal, Akuntabilitas, Tekanan Eksternal Dan Komitmen Pimpinan Terhadap Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan (Studi Empiris Pada SKPD Kota Pekanbaru). Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015

Andriyani, Lia. Pengaruh Tekanan Eksternal, Komitmen Manajemen, Ketidakpastian Lingkungan, Gaya kepemimpinan, Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan (Studi Pada SKPD Kabupaten Pelalawan). JOM Fekon Vol.3 No. 1 (Februari 2016).

Ashworth et. al.. 2009. Escape from the Iron Cage Organizational Change and Isomorphic Pressures in the Public Sector. Journal of Public Administration Research and Theory JPART 19:165–187.

Asroel, Rahmad B. 2014. Pengaruh Akuntabilitas, Ketidakpastian Lingkungan, Komitmen Pimpinan, dan Pengendalian Internal Terhadap Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan (Studi Empiris pada SKPD Provinsi Riau). JOM Fekon Vol. 3 No. 1 (Februari) 2016.

Dewi dkk. 2015. Pengaruh Tekanan Eksternal, Faktor Politik, dan Komitmen Manajemen terhadap Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan (Studi Kasus pada SKPD Kabupaten Karangasem). Jurnal Akuntansi Program S1: Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 1 No. 3.

Ghozali, imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro

Iswahyudi dkk, 2016. Hubungan Pemahaman Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Value For Money dan Good Governance. Jurnal Ilmiah Akuntansi Vol. 1 No. 2

Peraturan Daerah No 02 tahun 2007 tentang pokok – pokok pengelolaan keuangan daerah.

Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2005 tentang Standart Akuntansi Pemerintah

Ridha, M. A dan Basuki, H. dan 2012. Pengaruh Tekanan Eksternal, Ketidak pastian Lingkungan, dan Komitmen Manajemen terhadap Transparansi Pelaporan Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi 15 Banjarmasin.

Satyaningsih dkk. 2014. Pengaruh Pelaksanaan Anggaran Berbasis Kinerja dan Ketidakpastian Lingkungan terhadap Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Klungkung). Jurusan Akuntansi Program S1: Universitas Pendidikan Ganesha, Jurnal Vol. 2 No. 1.

Syahril dkk. 2018. Faktor – faktor yang mempengaruhi transparansi pelaporan keuangan desa di kecamatan kalianget timur kabupaten sumenep. Jurnal Akuntansi Publik. Vol 1 No 1 hal 65 – 80

Uma Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Wintari dan Suardana. 2018. Pengaruh Tekanan Eksternal, Pengendalian Internal, Ketidakpastian Lingkungan, Dan Komitmen Organisasi Pada Penerapan TransparansiPelaporan Keuangan. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana. ISSN 2302-8556.Vol.22.1. Januari (2018) : 747-774.

www.dppkad.ponorogo.go.id diakses pada tanggal 03 November 2018

www.transparency.org diakses pada 30 Oktober 2018


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v3i2.291

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v3i2.291.g272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.