PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL

Rini Sulistyowati, Loria Paais, Rifana Rina
DOI: 10.24269/iso.v4i1.323 DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v4i1.323.g307

Abstract


Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan adanya digitalisasi hampir seluruh sektor perekonomian, tidak terkecuali sektor keuangan (fintech). Salah satu produk fintech adalah dompet digital. Kontribusi dompet digital terhadap PDB diprediksi meningkat setiap tahun. Penggunaan dompet digital juga turut mendukung Target 8.10 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Saat ini, di Jabodetabek mulai marak penggunaan dompet digital sejalan dengan munculnya beragam jenis dompet digital. Hasil pengumpulan data melalui online invitation survey menunjukkan sekitar 7 dari 10 responden usia 15 tahun ke atas di Jabodetabek menggunakan dompet digital. Kalangan muda, bekerja, dan berpendidikan tinggi mendominasi karakter pengguna dompet digital. Responden memiliki rata-rata 2 sampai 3 dompet digital dengan tujuan penggunaan yang bervariasi. Alasan utama menggunakan dompet digital adalah karena promosi yang diberikan apabila transaksi pembayaran dilakukan melalui dompet digital. Persepsi konsumen terhadap kenyamanan transaksi dompet digital memengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan dompet digital. Namun, keyakinan bahwa transaksi pembayaran dengan dompet digital lebih cepat dan aman dibandingkan metode pembayaran lainnya tidak berpengaruh terhadap penggunaan dompet digital. Responden yang tidak menggunakan dompet digital, selain karena ketidaktahuan, cenderung berada pada lingkungan sosial yang tidak mendukung penggunaan dompet digital.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.