PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK PADA KEPUASAN KONSUMEN DIMODERASI OLEH LOYALITAS (STUDY KASUS PADA LIPSTCIK WARDAH)

Oktavia Retno Maharani, Heri Wijayanto, Tegoeh Hari Abrianto
DOI: 10.24269/iso.v4i1.418 DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24269/iso.v4i1.418.g333

Abstract


Industri kosmetik di Indonesia mengalami perkembangan pesat, maka dari itu perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan citra merek, dengan adanya citra merek yang bagus konsumen akan memberikan nilai lebih pada barang maupun jasa. Perusahaan dapat memberikan apa yang dituntut oleh konsumen seperti citra merek yang baik dan kualitas produk yang tinggi. Kualitas produk sangat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha bisnis. Memuaskan konsumen adalah salah satu dari tujuan perusahan, karena jika konsumen tidak puas mereka akan membelanjakan uang mereka di tempat lain. Loyalitas konsumen juga menjadi salah satu faktor penting bagi suatu perusahaan untuk bisa bertahan dalam persaingan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Wardah di Kabupaten Ponorogo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode probality sampling. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh warga Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 100 orang. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket. Uji hipotesis menggunakn uji t. hasil penelitian menunjukkan: 1 Citra Merek lipstick Wardah berpengaruh pada Kepuasan Konsumen. 2 Kualitas Produk lipstick Wardah berpengaruh pada Kepuasan Konsumen. 3 Loyalitas memperlemah pengaruh antara Citra Merek lipstick Wardah terhadap Kepuasan Konsumen. 4 Loyalitas memperlemah pengaruh antara Kualitas Produk lipstick Wardah terhadap Kepuasan Konsumen.

 

Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas.


References


Assael H, Customer Behavior and Marketing Action, (Boston M asachusetts: PWS-

Diansyah. (2016), Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Laptop Lenovo Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Moderating.

Kotler, Philip.2004. Manajemen Pemasaran. edisi Millenium, Penerbit PT.Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lasander. 2013. Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosip Engaruhn Ya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanant Radisional (Survey Pada Industri RumahT angga Dodol DagingP al a Audia di TahunaK ab.S angihe).

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rismawati S Asina. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadadp Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Steak & Shake Melati Pekanbaru.

Soenawan, Malonda. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya”.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALVABETA, CV.

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, ANDI, Yogyakarta, 1997.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.