Pengaruh Persepsi Harga dan Pelayanan terhadap Keputusan Penumpang Menggunakan Maskapai Sriwijaya Air

Arif Fakhrudin(1*)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v4i2.450


Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan terhadap keputusan penumpang menggunakan maskapai Sriwijaya Air. Penelitian ini dilakukan kepada penumpang Sriwijaya Air di Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa pelayanan maskapai Sriwijaya Air. Metode penelitian yang digunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 100. Untuk mendapatkan data dengan cara memberikan kuesioner secara online kepada responden yaitu penumpang Sriwijaya Air di Yogyakarta tentang harga, pelayanan dan keputusan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program statistik SPSS release 16.0 for windows.Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpangsebesar 0,003, sedangkan variabel pelayanan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan penumpang sebesar 0,327 dalam menggunakan maskapai Sriwijaya Air. Variabel harga dan pelayanan mampu menjelaskan variabel keputusan penumpang sebesar 59,5% dan sisanya  40,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Harga, Pelayanan, Keputusan.


Full Text:

References


  1. A Nurul, F., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal Of Theory And Applied Management, 10(1), 1. Https://Doi.Org/10.20473/Jmtt.V10i1.5134
  2. Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata. Usu Press.
  3. Handoyo, S. (2011). Aviapedia : Ensiklopedia Umum Penerbangan. Pt. Kompas Media Nusantara.
  4. Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
  5. Masiruw, C. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Di Kota Manado. Https://Www.Coursehero.Com/File/50969067/2764-Id-Pengaruh-Kualitas-Layanan-Dan-Citra-Merek-Terhadap-Keputusan-Pembelian-Mobil-Toypdf/ Diakses Tanggal 10 Maret 2020
  6. Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers Unisbank, Isbn: 9-789-7936-499-93, 755–762. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/172666-Id-Kualitas-Produk-Citra-Merek-Persepsi-Har.Pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2020
  7. Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 60–69. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i1.35
  8. Nismawati. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Kota Makassar Dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Intervening. 10(2), 1–15. Http://Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id/12773/1/Analisis Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan.Pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2020
  9. Prasetia, B. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan Adi Santoso. 8(9), 1–58. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
  10. Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan Spss Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.
  11. Rahmawati, K. N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedaibangsawan Klaten. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/54057/1/Tugas Akhir Skripsi_Kartika Nur Rahmawati_13511241028.Pdf. Diakses Tanggal 10 Maret 2020
  12. Rohmah, S. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perhiasan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4, 5. Https://Studylibid.Com/Doc/1355748/Pengaruh-Citra-Merek--Kualitas-Produk--Dan-Layanan-Terhadap Diakses Tanggal 10 Maret 2020
  13. Rosyid, A. N., W, H. D., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Revo ( Studi Kasus Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Revo Astra Motor Kebumen ). Diponegoro Journal Of Social And Politic.
  14. Samosir, C. B. H., & Prayoga K, A. B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1–13. Https://Doi.Org/10.22441/Jimb.V1i3.570
  15. Sari, R. D. K., & Astuti, S. R. T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Cv . Mega Jaya Mebel Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 1, 1–13. Http://Eprints.Undip.Ac.Id/35854/1/Jurnal_--_Ratna_Dwi_Kartika_Sari_(C2a008232).Pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2020
  16. Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, Issn: 2252-6226, 5(2), 128–147. Http://Journal.Budiluhur.Ac.Id/Index.Php/Ema/Article/View/329/273 Diakses Tanggal 11 Maret 2020
  17. Soelistio, Y. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia Di Universitas Negeri Yogyakarta). Https://Eprints.Uny.Ac.Id/39088/1/Yuwansoelistio_11408144075.Pdf Diakses Tanggal 6 Maret 2020
  18. Trisnawati, N., & Pangestika, A. W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Mayoutfit Cabang Bekasi. Ikraith Ekonomika, Volume1(2). Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/267987-Pengaruh-Kualitas-Produk-Citra-Merek-Dan-2309fe11.Pdf Diakses Tanggal 10 Maret 2020
  19. Utama, P. W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Rown Division Kota Surakarta Naskah. 2002(1), 35–40. Https://Doi.Org/10.1109/Ciced.2018.8592188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.