HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK PRA SEKOLAH
Abstract
Pola asuh dapat membantu anak kecil dalam belajar mengontrol urin dan fese saat menjalani toilet training. Toilet training ialah isu utama pada masa tumbuh kembang anak prasekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak pra sekolah di BA ‘Aisyiyah Kertosari Babadan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metodologi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini ialah murid BA ‘Aisyiyah Kertosari berusia 5-6 tahun yang diasuh oleh orang tuanya sebanyak 57. Dalam penelitian ini, 36 responden dijadikan sampel dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan melakukan uji analisis chi-square dengan tabel 2x2 df = 1.
Penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai p 0,003, ada korelasi antara praktik pengasuhan anak dan keberhasilan toilet training. Penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua mempengaruhi keberhasilan toilet training. Peneliti menyarankan supaya mempraktikkan pola asuh demokratis dalam upaya mendorong perkembangan psikologis remaja yang sehat.
References
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7(1): 33–48.
Alini, L. (2018). Jurnal Ners Research & Learning In Nursing Science Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia 12-24 Bulan Di Paud Buah Hati Kampar. Jurnal Ners. 2(2): 10–16.
Cola, S. D. . dkk (2018). Riwayat Kesiapan Toilet Training Pada Anak Pra Sekolah (4-6 Tahun). Jurnal STIKES, 11(2): 3.
Dewi, E. (2016). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Pendidikan Ibu dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Segoro Kelurahan Dadimulya Samarinda. Jurnal STIKES Muhammadiyah Samarinda, 12(1): 26-28
Harahap, U. I. (2021). View of Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Umur (3-5 Tahun) di Desa Pargarutan Julu Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2(1) 82–83.
Hidayat. (2005). Pengantar ilmu keperawatan anak 1. P2T Dirjendikti.
_________. (2009). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Salemba Medika.
Hurlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan. Edisi Lima. Jakarta: Erlangga.
Lestari, L., Sukmawati, I. and Amanda, D. (2020). Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Raudhatul Athfal Al-Mu’minin Kabupaten Ciamis. Jurnal Kesehatan Stikes Muhammadiyah Ciamis. 5(1): 95–103.
Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia PraSekolah. Jurnal Andalas University Press. 2(2): 29.
Muscari, M. E. (2001). Panduan Belajar Keperawatan Pedatrik Edisi 3. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Nursalam (2005). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Putri & Djajanti (2019). Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia 18-24 Bulan di Posyandu Melati 2. Jurnal Penelitian Kesehatan. 4(2): 40–46.
Rhami. (2008). Buku ajar toilet training pada anak. Jakarta:EGC
Sari, I. I., Ekawaty, F. and Saputra, N. E. (2020). Hubungan kesiapan anak dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler 1,2. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1): 24–34.
Sudirman, A. A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak di TK Anggrek desa Malango Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Jurnal Zaitun 1(1): 6.
Tridhonanto Al (2014). Mengembangkan Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia.
Tyas, A. P. M. et al. (2021). Tingkat pengetahuan ibu memengaruhi keberhasilan toilet training pada anak prasekolah. NURSCOPE: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 7(1): 38.
Wong, D. L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi 6 Volume 1. Jakarta: EGC.
Yuliana, K. S., Suniyadewi, N. W. and Udayana, I. M. (2018). Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah Di Posyandu Balita Banjar Intaran Wilayah Kerja Upt Kesmas Tampaksiring Ii. Bali Medika Jurnal, 5(2): 231–241.
DOI: 10.24269/hsj.v6i2.1546
Refbacks
- There are currently no refbacks.