FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN SPEECH DELAY PADA ANAK

Maria Krisdayanti Dhei Raro, Maria Krisdayanti Dhei Raro

Abstract


Keterlambatan bicara atau Speech and Language Delay adalah keterlambatan beberapa aspek perkembangan bahasa dan bicara anak yang tidak sesuai dengan perkembangan bayi secara umum dan biasanya terjadi pada anak kecil. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua, status pekerjaan orang tua, riwayat keluarga, dan jenis kelamin terhadap keterlambatan berbahasa pada anak. Jenis penelitian ini adalah survey observasional analitik dengan rancangan cross-sectional dilakukan pada bulan Juni 2023 di di RSUD Kota Banjarmasin. Populasi adalah anak yang berkunjung ke poli anak bulan Oktober hingga Desember tahun 2022 sebanyak 1.672 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 94 responden.Instrumen penelitian checklist untuk mencatat data sekunder dari rekam medis pasien. Analisis data bivariat menggunakan analisis chi-square. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh dan tidak adanya pengaruh keterlambatan bahasa antara pendidikan orang tua (p-value = 0,006), riwayat keluarga (p-value = 0,043), dan jenis kelamin (p-value = 0,000). Diantaranya adalah status pekerjaan orang tuanya. (nilai p = 0,424) dengan penundaan audio. Berdasarkan hasil penelitian, orang tua dengan tingkat pendidikan rendah mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami keterlambatan bahasa pada anaknya, orang tua yang bekerja mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami keterlambatan bahasa pada anaknya, dan orang tua dengan riwayat keluarga mengalami keterlambatan bahasa pada anaknya mempunyai risiko lebih tinggi. untuk keterlambatan bahasa pada anak-anaknya, maka dapat disimpulkan bahwa risikonya adalah Anak-anak berisiko lebih tinggi mengalami keterlambatan berbahasa, dan anak laki-laki berisiko lebih tinggi mengalami keterlambatan berbahasa


References


Angelia, N., & Rusmawati, D. (2021). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK AUTISME. 10 (Nomor 01), 15–20. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/30416

Anggrasari, A. P., & Rahagia, R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA ANAK USIA 3-5TAHUN Until 5 Years Old. 1(1), 18–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v1i1.2016

Ardiyansyah, M. (2021). PERKEMBANGAN BAHASA DAN DETEKSI DINI KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) PADA ANAK USIA DINI (Guepedia/Br (ed.)). Guepedia. https://play.google.com/books/reader?id=5Z9KEAAAQBAJ&pg=GBS.PA2&hl=id

Aro, S., & Fitriwati, C. I. (2021). Hubungan Pekerjaan Orang Tua Dengan Stimulasi Dini Pada Anak Usia 0-36 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Bungo I Kabupaten Bungo. Madago Nursing, 2(2), 58–65.

Aurelia, T., Rahminawati, N., Inten, D. N., Pendidikan, P., Paud, G., & Tarbiyah, F. (2022). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara ( Speech Delay ) Anak Usia 5 , 9 Tahun. Bandung Conference Series : Early Childhood Teacher Education, 2(2), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3504

Ayu Prasetya, N. I. N. (2021). PENERAPAN AUDIO MUROTTAL AL- QUR ’ AN DALAM PEMBELAJARANUNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI VERBALPADA ANAK. Bina Generasi : Jurnal Kesehatan, 12(2), 72–77. https://doi.org/https://doi.org/10.35907/bgjk.v12i2.188

Candrasari, et all. (2017). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fiva A Kadi, Herry Garna, E. F. (2018). Kesetaraan Hasil Skrining Risiko Penyimpangan Perkembangan Menurut Cara Kuesioner Praskrining Perkembangan (KPSP) dan Denver II pada Anak Usia 12-14 Bulan dengan Berat Lahir Rendah. Sari Pediatri, 38, 29–33.

Hasiana, I. (2020). Studi Kasus Anak dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif Isabella Hasiana. 59–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2296

Hidayah, A. N., Afridah, W., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2023). FAKTOR PENYEBAB HEPATITIS B PADA IBU HAMIL. 2(3), 451–458. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i3.180

Kementrian Kesehatan RI. (2015). SDIDTK.

Komalasari, W. (2019). Hubungan Pekerjaan dan Pendidikan Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2018. MENARA Ilmu, XIII(4), 169–176. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1322

Kurnia, L. (2020). Kondisi Emosional Anak Speech Delay Usia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal An-Najat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. JURNAL AKSIOMA AL-ASAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 70–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55171/jaa.v1i2.623

Ladapase, E. (2021). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 4 Tahun (Studi Kasus Di Lembaga Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Karya Ilahi). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://journal.ubpkarawang.ac.id/mahasiswa/index.php/Empowerment/article/viw/149

Mulqiah, et all. (2017). Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1).

Mondal, N., Bhat, B. V., Plakkal, N., Thulasingam, M., & Poorna, D. R. (2016). Prevalence and Risk Factors of Speech and Language Delay in Children Less Than Three Years of Age. 7(2), 0–6. https://doi.org/10.17795/compreped-33173.Research

Na’imah, I. S. &. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–207. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968

Pérez-Pereira, M. (2021). Prevalence of Language Delay among Healthy Preterm Children , Language

Outcomes and Predictive Factors. Children, 8(4), 1–20. https://doi.org/10.3390/anak-anak8040282

Sari, P. (2018). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Al Ilhamiyah. Jurnal Keperawatan Fik UMJ. https://perpus.fikumj.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4403&keywords=[Diakses pada 19 Maret 2021]

Suhadi, S. & I. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Keterlambatan Bicara dan Bahasa Pada Anak Usia 2-5 Tahun. Peneliti Perawat Profesional, 2(2), 227–234. https://doi.org/https://doi.org/10.37287/jppp.v2i2.115

Sunanti Fitria, N. &. (2016). Karakteristik Orang Tua dan Perkembangan Balita Usia 12-59 Bulan. Care, 4(3), 50–61.

Sunarti, L. K. & S. (2018). Deteksi Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 48-72 Bulan Melalui Berbagai Faktor. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(2), 136–236. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/visikes.v17i02.2124

Sunderajan, T., & Kanhere, S. V. (2019). Speech and language delay in children : Prevalence and risk factors. Journal of Family Medicine and Primary Care, 1642–1646. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc

Suparmiati, A. dkk. (2013). Hubungan Ibu Bekerja dengan Keterlambatan Bicara pada Anak. Sari Pediatri, 14(5).


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/hsj.v7i2.2322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.