PENGARUH PERAWATAN PAYUDARA TERHADAP PENGELUARAN ASI PADA IBU POST PARTUM DI PMB NY. LILIS SULISTYOWATI, SST, KARANGAN, BALONG, PONOROGO

Diana Novita Sari, Aida Ratna Wijayanti, Fetty Rosyadia Wachdin

Abstract


Masa nifas adalah periode transisi kritis bagi bayi, ibu dan keluarga baik secara fisiologis, emosional dan kehidupan sosial. Laktasi merupakan salah satu peristiwa terpenting dalam masa nifas seorang ibu. ASI merupakan makanan alamiah yang diberikan ibu pada bayinya sebagai gizi paling utama dalam tumbuh kembang bayi. Keberhasilan dalam proses menyusui bukan datang dengan sendirinya, melainkan dari keterampilan yang diajarkan pada ibu, diantaranya dengan perawatan payudara pada masa nifas. Perawatan payudara adalah perawatan khusus dengan memberikan pijatan rangsangan pada otot-otot payudara ibu untuk memperlancar terjadinya proses pengeluaran ASI. Perawatan payudara pada ibu nifas yang dilakukan dengan teknik yang benar dan teratur dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin yang menyebabkan sekresi ASI pada ibu menyusui. Dengan adanya pengeluaran ASI yang maksimal, maka kecukupan gizi bayi pada masa neonatal akan tercukupi dengan baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh perawatan payudara terhadap pengeluaran ASI pada ibu post partum. Data atau objek penelitian diambil dari salah satu ibu post partum di PMB Ny. Lilis Sulistyowati, SST. Metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan penulis, yaitu penelitian dengan metode observasi lapangan atau pendekatan pada studi kasus. Hasil akhir dari penelitian, didapatkan bahwa pada ibu post partum yang melakukan perawatan payudara dengan baik dapat berpengaruh terhadap pengeluaran ASI pada masa nifas. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perawatan payudara terhadap proses laktasi pada ibu dimasa post partum.


References


Dinkes, 2020. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Fitri, I., 2017. Lebih Dekat dengan Sistem Reproduksi Wanita. Pekanbaru: Gosyen Publishing.

Juarni, 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perawatan Payudara pada Ibu Nifas yang Menyusui di Puskesmas Suka Mulia Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Tahun 2014.

Kemenkes, 2014. Situasi dan Analisis ASI Eksklusif. Jakarta, Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes, 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Putri, I. M. & Fitria, S. U., 2020. ASI DAN MENYUSUI. 1st penyunt. Yogyakarta: Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta Press.

Saifuddin, A. B., Rachimhadhi, T. & Wiknjosastro, G. H., 2016. ILMU KEBIDANAN. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Soleha, S. N., Edi, S. & Nilatul, I., 2019. Pengaruh Perawatan Payudara Terhadap Prosuksi ASI Ibu Nifas. Jurnal Ilmiah Kebidanan , 6(2), pp. 98-106.

Sutanto, A. V. & Fitriana, Y., t.thn. Asuhan pada Kehamilan. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Wahyuningsih, S., 2019. Asuhan Keperawatan Post Partum. 1st penyunt. Yogyakarta: DEEPUBLISH.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/hsj.v5i2.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.