Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Aisyiyah Ponorogo

Muhamad Sarwanto, Nurul Iman, Anip Dwi Saputro

Abstract


The research is aims to determine: 1) The effect of memorizing al-Qur'an on the discipline of PPTQ Aisyiyah Ponorogo students, 2) The effect of memorizing al-Qur'an on the learning achievement of PPTQ Aisyiyah Ponorogo students. This research uses quantitative methods. The place of research is in Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur'an Aisyiyah Ponorogo. The data source is the students of PPTQ Aisyiyah Ponorogo, the research instrument is a questionnaire, interviews, documentation and observation. Test the validity and reliability of the questionnaire results of the two variables showed valid and reliable data. The data analysis technique used is correlation and regression analysis. The results obtained in the analysis show that: 1) There is an influence between memorizing the Qur'an on the discipline of students, with a value of tcount = 7.320 t table = 2.023 then reject H0. 2) There is an influence between memorizing al-Qur'an on students' learning achievement, with tcount = 2,626 ttable = 2,023 then reject H0. The conclusions of this study are: 1) There is a positive and significant influence between memorizing the Qur'an on the discipline of students by 57.9%. 2) There is a positive and significant influence between memorizing the Qur'an on the learning achievement of students by 15%.


Keywords


Memorizing Al-Qur'an, Discipline, Learning Achievement

References


Alfatoni, Sabit. 2009. “Teknik Menghafal Al-Qur’an”. Semarang: Ghyyas Putra.

Arikunto,Suaharsimi. 2013. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Badwilan, Ahmad Salim. 2009. “Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an”. Jogjakarta: Diva Press.

Emzir. 2012. ”Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gamayanti, Witrin. 2018. “Self Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic. 5(1).

Ginanjar, Hidayat. 2017. “Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor).” 06(11).

Https://Kbbi.Web.Id/Prestasi (18 Januari2020)

Ihsan, Muh.2017.” Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Man Kisaran”. Ittihad, 1(2)

Imam Muslim, Shahih Muslim, (Beirut: Dar Ihya’ Ihya’ al-Turats al-Arabi, juz 1) 553.

Iqbal, Mashuri Sirojuddin Dan Fudlali. 2005. “Pengantar Ilmu Tafsir”. Bandung: Penerbit Angkasa.

Izza, Heru Siswanto Dan Dewi Lailatul. 2018. “Hubung An Kemampuan Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pai Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.” 1(1)

Kamal Mustofa. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur'an Terhadap Prestasibelajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.

Kamal, Mustofa. 2017. “Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya).” Tadarrus: Pendidikan Islam. 6(2).

Kbbi Online, Https://Kbbi.Web.Id/Aktivitas (Diakses 21 November 2019)

Kemendikbud. 2015. “Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas.

Khomsiyah, Indah. 2014. “Hukuman Terhadap Anak Sebagai Alat Pendidikan Ditinjau Dari Hukum Islam. Ahkam, 2(1)

Khomsiyah, Indah. 2014. “Hukuman Terhadap Anak Sebagai Alat Pendidikan Ditinjau Dari Hukum Islam.” 2(1):105–17.

Khotamir, Radif, Rusli, Melita Ayu Neni, Berliana Kartakusumah. 2018 “Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Quran Muhammad Thoha Alfasyni Bogor”. Pai, 2

Kurniawan, M. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar.” 4(2).

M Ginanjar. 2017. Aktivitas Menghafal Al-Qur'an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.

Mutakin, Tatan Zenal, dan Indra Martha Rusmana. 2014. “Kota Tangsel Memiliki Motto.” 1(3).

Nazir, Moh. 2005. “Metode Penelitian”. Bogor:Galhia Indonesia.

Neni , Melita Ayu. Berliana Kartakusumah, Radif Khotamir Rusli. 2008. “Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Quran Muhammad Thoha Alfasyni Bogor.”

Pasaribu, Risnawati. 2018. “Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Sd Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta.” G-Couns.2(2).

Qosim, Amjad. 2012.”Hafal Al-Qur’an Dalam Sebulan. Madiun: Qiblati Press.

Rahmawati, Ali As’ad Ana. 2018.”Penguatan Pendidikan Karakter Dengan Qashash Al-Qur'an”. Tarbawi, 15(1).

Ro’uf, Muhammad. 2018. Pengaruh Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Salafiyah Wustho Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Bantul Yogyakarta, G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3 (1)

Sa’dulloh. 2008. “9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an”. Yogyakarta:gema insane press.

Setiani, Ani. 2015. “Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif,Dan Inofatif. Bandung:Alfabeta.

Setiawan, Wahyudi. 2018. “ Reward And Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Al-Murabbi. 4(2)

Setiawan, Wahyudi. 2018. “Reward And Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” 4(2).

Siswanto,Heru, Dewi Lailatul Izza. 2018. “Hubungann Kemampuan Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pai Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan. Edukasi Islam: Pendidikan Islam. 1(1)

Suci Eryzka Marza. 2017. Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan. Intelektualita, 06

Sugiana, Aset. 2019. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palemban. Pai. 1(1)

Sugiana, Aset. 2019. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palembang.” Pai 1(1).

Sugiono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Suradi. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.” 2(4).

Tatan Zenal Mutakin And Indra Martha Rusmana. “Kota Tangsel Memiliki Motto”. Edutech, 1, No. 3 (2014)

Umar, Munirwan. 2015. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” 1.

Umar, Munirwan. 2015.” Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”. Edukasi, 1

Wahid, Wiwi Alawiyah. 2015.”Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat”., Yogyakarta: Diva Press.

Wakid, Abdul. 2018.”Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Madrasah Diniyah”.Tarbawi. 15(1)

Widyaningrum, Retno. 2009.”Statistik Edisi Revisi.Ponorogo: Stain Po Press.

Widyaningrum, Retno. 2015.”Statistika.Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Wulansari, Andhhita Dessy.2015. “Statistik Parametik Terapan Untuk Penelitian Kuantitatif. Ponorogo: Stain Po Press.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, Dan Dasim Budimansyah. 2018. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” (2).

Yuliana, Alvi, Rantna., Sri, Endang, Pujiastuti., Elis, Hartati. 2020. Efektifitas Terapi Musik Klasik Monzat Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Sekolah Usia Dasar, Cendekia Utama: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 9 (1)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhamad Sarwanto, Nurul Iman, Anip Dwi Saputro