Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Aisyiyah Ponorogo
Kata Kunci:
Memorizing Al-Qur'an, Discipline, Learning AchievementAbstrak
The research is aims to determine: 1) The effect of memorizing al-Qur'an on the discipline of PPTQ Aisyiyah Ponorogo students, 2) The effect of memorizing al-Qur'an on the learning achievement of PPTQ Aisyiyah Ponorogo students. This research uses quantitative methods. The place of research is in Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur'an Aisyiyah Ponorogo. The data source is the students of PPTQ Aisyiyah Ponorogo, the research instrument is a questionnaire, interviews, documentation and observation. Test the validity and reliability of the questionnaire results of the two variables showed valid and reliable data. The data analysis technique used is correlation and regression analysis. The results obtained in the analysis show that: 1) There is an influence between memorizing the Qur'an on the discipline of students, with a value of tcount = 7.320 t table = 2.023 then reject H0. 2) There is an influence between memorizing al-Qur'an on students' learning achievement, with tcount = 2,626 ttable = 2,023 then reject H0. The conclusions of this study are: 1) There is a positive and significant influence between memorizing the Qur'an on the discipline of students by 57.9%. 2) There is a positive and significant influence between memorizing the Qur'an on the learning achievement of students by 15%.
Referensi
Alfatoni, Sabit. 2009. “Teknik Menghafal Al-Qur’anâ€. Semarang: Ghyyas Putra.
Arikunto,Suaharsimi. 2013. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikanâ€. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Badwilan, Ahmad Salim. 2009. “Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’anâ€. Jogjakarta: Diva Press.
Emzir. 2012. â€Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Gamayanti, Witrin. 2018. “Self Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic. 5(1).
Ginanjar, Hidayat. 2017. “Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor).†06(11).
Https://Kbbi.Web.Id/Prestasi (18 Januari2020)
Ihsan, Muh.2017.†Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Man Kisaranâ€. Ittihad, 1(2)
Imam Muslim, Shahih Muslim, (Beirut: Dar Ihya’ Ihya’ al-Turats al-Arabi, juz 1) 553.
Iqbal, Mashuri Sirojuddin Dan Fudlali. 2005. “Pengantar Ilmu Tafsirâ€. Bandung: Penerbit Angkasa.
Izza, Heru Siswanto Dan Dewi Lailatul. 2018. “Hubung An Kemampuan Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pai Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.†1(1)
Kamal Mustofa. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur'an Terhadap Prestasibelajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.
Kamal, Mustofa. 2017. “Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya).†Tadarrus: Pendidikan Islam. 6(2).
Kbbi Online, Https://Kbbi.Web.Id/Aktivitas (Diakses 21 November 2019)
Kemendikbud. 2015. “Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas.
Khomsiyah, Indah. 2014. “Hukuman Terhadap Anak Sebagai Alat Pendidikan Ditinjau Dari Hukum Islam. Ahkam, 2(1)
Khomsiyah, Indah. 2014. “Hukuman Terhadap Anak Sebagai Alat Pendidikan Ditinjau Dari Hukum Islam.†2(1):105–17.
Khotamir, Radif, Rusli, Melita Ayu Neni, Berliana Kartakusumah. 2018 “Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Quran Muhammad Thoha Alfasyni Bogorâ€. Pai, 2
Kurniawan, M. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar.†4(2).
M Ginanjar. 2017. Aktivitas Menghafal Al-Qur'an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.
Mutakin, Tatan Zenal, dan Indra Martha Rusmana. 2014. “Kota Tangsel Memiliki Motto.†1(3).
Nazir, Moh. 2005. “Metode Penelitianâ€. Bogor:Galhia Indonesia.
Neni , Melita Ayu. Berliana Kartakusumah, Radif Khotamir Rusli. 2008. “Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Al-Quran Muhammad Thoha Alfasyni Bogor.â€
Pasaribu, Risnawati. 2018. “Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Sd Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta.†G-Couns.2(2).
Qosim, Amjad. 2012.â€Hafal Al-Qur’an Dalam Sebulan. Madiun: Qiblati Press.
Rahmawati, Ali As’ad Ana. 2018.â€Penguatan Pendidikan Karakter Dengan Qashash Al-Qur'anâ€. Tarbawi, 15(1).
Ro’uf, Muhammad. 2018. Pengaruh Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Salafiyah Wustho Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Bantul Yogyakarta, G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3 (1)
Sa’dulloh. 2008. “9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’anâ€. Yogyakarta:gema insane press.
Setiani, Ani. 2015. “Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif,Dan Inofatif. Bandung:Alfabeta.
Setiawan, Wahyudi. 2018. “ Reward And Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islamâ€. Al-Murabbi. 4(2)
Setiawan, Wahyudi. 2018. “Reward And Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†4(2).
Siswanto,Heru, Dewi Lailatul Izza. 2018. “Hubungann Kemampuan Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pai Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan. Edukasi Islam: Pendidikan Islam. 1(1)
Suci Eryzka Marza. 2017. Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan. Intelektualita, 06
Sugiana, Aset. 2019. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palemban. Pai. 1(1)
Sugiana, Aset. 2019. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palembang.†Pai 1(1).
Sugiono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Suradi. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.†2(4).
Tatan Zenal Mutakin And Indra Martha Rusmana. “Kota Tangsel Memiliki Mottoâ€. Edutech, 1, No. 3 (2014)
Umar, Munirwan. 2015. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.†1.
Umar, Munirwan. 2015.†Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anakâ€. Edukasi, 1
Wahid, Wiwi Alawiyah. 2015.â€Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilatâ€., Yogyakarta: Diva Press.
Wakid, Abdul. 2018.â€Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Madrasah Diniyahâ€.Tarbawi. 15(1)
Widyaningrum, Retno. 2009.â€Statistik Edisi Revisi.Ponorogo: Stain Po Press.
Widyaningrum, Retno. 2015.â€Statistika.Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Wulansari, Andhhita Dessy.2015. “Statistik Parametik Terapan Untuk Penelitian Kuantitatif. Ponorogo: Stain Po Press.
Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, Dan Dasim Budimansyah. 2018. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.†(2).
Yuliana, Alvi, Rantna., Sri, Endang, Pujiastuti., Elis, Hartati. 2020. Efektifitas Terapi Musik Klasik Monzat Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Sekolah Usia Dasar, Cendekia Utama: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 9 (1)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with JMP agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).