Pengaruh Word of Mouth (WOM), Pelayanan dan Kepercaaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen UD. Sri Mulyo Agung)
Abstract
“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Word of Mouth (WoM), Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian UD Sri Mulyo Agung.” “Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh consumen bussiness yang melakukan pembelian di UD Sri Mulyo Agung.” “Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai anggota sampel.” “Hal ini dilakukan karena populasi yang relatif kecil.”” Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. “Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya.” “Teknik Analisa data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.” “Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Word of Mouth (WoM) terhadap keputusan pembelian.” “Diperoleh nilai T hitung sebesar 3.947 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.” “Hasil analisis regresi menunjukkan variabel Word of Mouth (WoM) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Variabel pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Diperoleh nilai T hitung sebesar 5.053 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.” “Hasil analisis regresi menunjukkan variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Variabel kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Diperoleh nilai T hitung sebesar 5.053 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.” “Hasil analisis regresi menunjukkan variabel kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Secara bersama-sama hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Word of Mouth (WoM), Pelayanan, Kepercayaan Pelangagan Terhadap Keputusan Pembelian beras di UD Sri Mulyo Agung.” “Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F yang mempunyai nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.”
Kata kunci: Word of Mouth (WoM), Layanan, Kepercayaan Pelanggan, Keputusan Pembelian
References
- Aini, Khurotul. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Alfamidi Super, Jalan Kaliurang, Yogyakarta)”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
- Ayuningtiyas, Kartika & Gunawan, Hendra. (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam”. Journal Of Applied Business Administration Vol 2, No 1,Maret 2018, Hlm. 152-165. E-ISSN:2548-9909.
- Bahrudin, Muhammad & Zuhro, Siti. (2015). “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, Vol. 3, No. 1, Juni 2015.
- Ghozali, Imam. (2013) . Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Hakim, Ardhian Khairul & Komang, Agus Satria Pramudana. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di PT. Banyumas Denpasar”. Prosiding Seminar Nasional Aimi ISBN: 1234-5678-90-12-1 Jambi, 27 – 28 Oktober 2017.
- Https://www.Vibiznews.com
- Jackson R.S. (2013). “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan KualitasPelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta”. ISSN 2303-1174. Jurnal Emba Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 607-618.
- Jakarta: Erlangga.
- Kotler Dan Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedelapan, , Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Kotler Dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Dan 2.Edisi 12.
- “Lotulung, Selvany Chichilia., Lapian, Joyce & Moniharapon, Silcyljeova.” “(Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan WOM (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado.” ISSN 2303-11.
- Maharama, Arif Reza & Kholis Noor. (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EKOBIS) Vol.19, No.2, Hal 203 – 213. Universitas Islam Sultan Agung. http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.19.2.203-213
- Mulyadi, Agustinus., Eka, Dian & Nailis, Welly. (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada”. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun XV No 2, Oktober 2018.
- Petricia, Diana & Syahputra. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Progo Bandung)”. ISSN : 2355-9357 E-Proceeding Of Management : Vol.2, No.2 Agustus 2015.
- Polla, Febriano Clinton., Mananeke, Lisbeth & Taroreh Rita N. (2018). “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea”. Jurnal Emba Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 3068 – 3077. ISSN 2303-1174.
- Qadhafi. Naufal El. (2017). “Pengaruh WOM (Word Of Mouth), Harga, Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Air Mineral Dzakya”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
- Santoso Slamet. (2013). Statistika ekonomi plus aplikasi SPSS. “https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Zsq-ixQAAAAJ&citation_for_view=Zsq-ixQAAAAJ:XiSMed-E-HIC”
- Sugianto, LO & Farida, U. (2018). “Pengaruh Institutional Image Terhadap Students Loyalty Melalui Word Of Mouth di UNISSULA Semarang.” Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 9(2), 323-336.
- Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.